BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kata “Sastra” adalah sebuah kata yang diserap dari Bahasa Sanskerta yang artinya “Teks yang mengandung instruksi atau pedoman”. Jadi dalam penulisan sebuah sastra terdapat aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi agar karya tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah karya sastra. Biasanya, karya sastra itu dikenal dengan keindahan kata-kata yang digunakan, seorang penulis harus rajin membaca, dengan membaca kita terinspirasi untuk menulis. Tanpa membaca, akan mengalami kesulitan saat menulis. Menulis dan membaca bagai bersaudara kembar, dengan menulis kita dapat mengetahui bagaimana proses lahirnya sebuah tulisan yang baik, bahkan, kita juga bisa belajar bagaimana mengungkapkan suatu hal dengan jelas dalam bentuk sebuah tulisan tanpa harus menyinggung. Ungkapan makna dapat kita temui dalam bentuk karya sastra yang dikenal dalam dua bentuk, yaitu fiksi dan nonfiksi. Jenis karya sastra fiksi adalah prosa, puisi, dan drama. Sedangkan contoh karya sastra nonfiksi adalah biografi, autobiografi, esai, dan kritik sastra.
Fungsi karya sastra 1) Fungsi rekreatif, yaitu untuk memberikan kesenangan atau hiburan bagi pembacanya. 2) Fungsi estetis, sastra mampu memberikan keindahan bagi pembacanya. 3) Fungsi moralitas, sastra juga memberikan pengetahuan terhadap pembaca mengenai moral baik ataupun buruk.. Olehnya guru dan siswa perlu menghasilkan karya sastra dengan harapan kebiasaan menulis dan membaca menjadi budaya disekolah, fungsi karya sastra dapat berlaku dalam proses belajar mengajar untuk melatih diri dan peserta didik dalam menyampaikan pesan dan harapan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sebagai bagian masyarakat dan bangsa yang berbudaya tinggi.
Penilaian merupakan bagian penting dari kurikulum yang berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidikan sesuai standar yang ditetapkan. Dalam Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru dinyatakan bahwa salah satu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru mata pelajaran adalah dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan perbaikan pembelajaran.
Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah dituntut peran yang besar dalam proses sosialisasi dan pengimbasan kepada seluruh guru di satuan pendidikannya dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan melalui kegiatan in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian.
B. Dasar Hukum
- Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301).
- PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
- PP No. 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan,
- Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006 (Permen 22/2006) tentang standar isi
- Kepmendiknas No.23 Tahun 2006 (Permen 23/2006) tentang SKL.
- Kepmendiknas No.24 Tahun 2006 (Permen 24/2006) tentang pelaksanaan permen 22 dan 23 tahun 2006.
- Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kelulusan (SKL)
- Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
- Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
- Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian
- Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- Rapat Dewan Guru pada tanggal 1 Maret 2023 dan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023
C. Tujuan
- Kebiasaan menulis dan membaca menjadi budaya di sekolah
- Menumbuhkan kesadaran peserta akan pentingnya melakukan refleksi diri mengenai kinerja mengajarnya terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dicapai peserta didik pada materi yang diampunya;
- Meningkatkan penguasaan peserta terhadap substansi/materi pelajaran;
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam melaksanakan remedial;
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam menjabarkan cakupan materi ke dalam indikator;
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam menyusun kisi-kisi ujian sekolah.
- Meningkatkan keterampilan peserta menyusun soal online.
D. Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari IHT.
- Tersusunya buku karya sastra
- Kesadaran peserta akan pentingnya melakukan refleksi diri mengenai kinerja mengajarnya terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dicapai peserta didik pada materi yang diampunya;
- Meningkatkan penguasaan peserta terhadap substansi/materi pelajaran;
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam melaksanakan remedial;
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam menjabarkan cakupan materi ke dalam indikator;
- Meningkatkan keterampilan peserta dalam menyusun kisi-kisi ujian sekolah;
- Tersusunya soal on line untuk digunakan dalam semester VI kelas XII, mid semester genap kelas XI dan X, Ujian Sekolah Kelas XII
BAB II
STRATEGI PELAKSANAAN
A. Pengorganisasian
in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Bidang Akademik SMA Negeri 2 Bantaeng. Adapun susunan kepanitiaannya sebagai berikut:
1. Penanggung jawab: Drs. A. Kadir HT (Kepala UPT SMA Negeri 2 Bantaeng)
2. Koordinator: Abdurrahim, S.Pd (Wakasek Bagian Kurikulum)
3. Ketua Pelaksana: Sukaryanto, S.Pt. M.Pd.
4. Sekretaris: Sukmah, S.Sos
5. Bendahara: Nuraeni Jabbar, S.Pd.
6. Anggota:
a. Eroh Mutho❜at Suhaemi, S.TP., M.Pd.
b. Jalamuddin, S.Pd.
c. Hamriadi, S.Pd.
d. Amsarif Anwar, S.Pd.
e. Sartinah, S.Pd., M.Pd.
f. Halijah, S.Pd., M.Pd.
B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan IHT dilaksanakan pada
Hari, Tanggal: Jumat s.d. Sabtu, 3 - 4 Maret 2023
Tempat: Ruang Guru SMA Negeri 2 Bantaeng, Jalan Hasanuddin No. 8 Kel. Bonto Atu, Kec. Bissappu, Kab. Bantaeng.
C. Peserta
Peserta IHT Tahun 2023 sebanyak 72 orang guru seluruh mata pelajaran di SMA Negeri 2 Bantaeng, serta 5 orang perwakilan siswa
D. Struktur Program AcaraNo. | Hari/Tanggal | Waktu | Materi | Pemateri | Ket |
---|
1 | Jumat, 4 Maret 2023 | 13.30-14.00 | Pembukaan | Kepala UPT SMAN 2 Bantaeng |
|
2 |
| 14.00-14.45 | Bimbingan teknik penulisan Karya Sastra | H. ARAFAH, S.Pd., M.Pd. (Kasi Pembinaan SMA, Kantor Cabang Disdik Wil.V Bantaeng- Bulukumba-Sinjai) |
|
3 |
| 14.45-15.30 | Kebijakan Penyusunan Penilaian | Dra. Hj. Sitti Nuraeti, M.M. (Pengawas Bina UPT SMAN 2 Bantaeng) |
|
4 |
| 15.30-16.00 | ISTIRAHAT |
|
|
5 |
| 16.00-16.45 | Model Penilaian Berbasis IT | Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) |
|
6 | Sabtu, 4 Maret 2023 | 08.00-09.30 | Model Penilaian Berbasis IT | Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) |
|
7 |
| 09.30-10.00 | ISTIRAHAT |
|
|
8 |
| 10.00-12.00 | Tugas Mandiri penyusunan soal berbasis IT | Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) |
|
9 |
| 12.00-12.45 | ISTIRAHAT |
|
|
10 |
| 12.45-13.00 | Penutup | Panitia (Penanggung jawab) |
|
E. Pembiayaan
Seluruh pembiayaan yang diperlukan untuk kegiatan IHT Tahun 2023 dibiayai oleh APBS SMA Negeri 2 Bantaeng Tahun Anggaran 2023, dengan rincian sebagai berikut:
No | Uraian | Jumlah | Harga Satuan | Keg | Total |
1 | Pembuatan Proposal dan laporan |
|
|
| Rp50.000 |
2 | Snack | 75 orang | Rp.15.000,- | 2 hari | Rp2.250.000 |
3 | Makan siang | 75 orang | Rp.25.000,- | 1 hari | Rp1.875.000 |
4 | Snack di Meja Pemateri Hari 1 |
|
|
| Rp125.000 |
5 | Snack di Meja Pemateri Hari 2 |
|
|
| Rp125.000 |
6 | Lain-lain/Komunikasi Cepat |
|
|
| Rp75.000 |
Total Biaya | Rp4.500.000 |
(Empat juta lima ratus ribu rupiah)
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 hari pertama dilaksanakan pada Jumat, 4 Maret 2023 di SMA Negeri 2 Bantaeng. Sambutan oleh Kepala UPT SMA Negeri 2 Bantaeng, Drs. A. Kadir HT., yang menjelaskan latar belakang diadakannya IHT, maksud dan tujuan IHT, serta output yang diharapkan dari IHT. Sekaligus membuka secara resmi kegiatan IHT dan dilanjutkan dengan menyampaikan materi pertama.
Hari ke-1 (Jumat, 4 Maret 2023):
No. | Waktu | Uraian Kegiatan |
---|
1 | 45 Menit (14.00-14.45) WITA | Materi : Bimbingan teknik penulisan Karya Sastra Fasilitator : H. Arafah, S.Pd.,M.Pd. (Kasi Pembinaan SMA, Kantor Cabang Disdik Wil.V Bantaeng-Bulukumba-Sinjai) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 45 Menit (14.00-14.45) WITA Tujuan : Peserta mengetahui dan dapat membuat Karya Sastra Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Hal-hal pokok yang disampaikan pada presentasi ini adalah Orientasi, menjelaskan teknik-teknik memulai atau mengawali penulisan. Menjelaskan, bahwa salah satu kendala yang sering dihadapi oleh seorang penulis adalah sulit memulai atau mengawali tulisan, oleh karena itu lanjut beliau kita harus berani memulai. |
2 | 1 Jam (14.45-15.30) WITA | Materi : Kebijakan Penyusunan Penilaian Fasilitator : Dra. Hj. Sitti Nuraeti, M.M. (Pengawas Bina UPT SMAN 2 Bantaeng) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 1 Jam (14.45-15.30) WITA Tujuan : Peserta dapat mengetahui dan merefleksikan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik dalam Penyusunan Penilaian Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Pada sesi ini Fasilitator menguraikan, bahwa Fungsi asesmen selama ini lebih berorientasi pada menilai hasil belajar. Hal ini mengakibatkan konsep asesmen assessment for learning dan assessment as learning (untuk pembelajaran) menjadi kurang dikenal. olehnya guru sebaiknya lebih menyadari prinsip penilaian, teknik penilaian, prosedur penilaian, serta waspada terhadap faktor kesalahan dalam penilaian. (Materi Terlampir) |
3 | 15.30-16.00 | ISTIRAHAT |
4 | 45 Menit (16.00-16.45) WITA | Materi : Model Penilaian Berbasis IT Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 45 Menit (16.00-16.45) WITA Tujuan : Peserta dapat mengetahui dan memahami cara membuat soal menggunakan google form. Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Pada awal sesi ini Fasilitator menguraikan tentang mendudukkan soal berdasarkan silabus, penyusunan kisi-kisi, penyusunan Kartu soal dan menggunakan berbagai aplikasi untuk penilaian dalam mengukur tingkat ketuntasan belajar peserta didik. cara penulisan butir soal berdasarkan kisi-kisi soal yang telah disusun sebelumnya. Kaidah penulisan soal harus tetap konsisten sesuai aturan penulisan butir soal, diantaranya (1) Pokok permasalahan harus terlihat jelas pada stem soal, (2) Hindari pengulangan kata atau gunakan kalimat yang efektif, (3) Untuk tipe pilihan ganda, susun pilihan jawaban secara berurutan jika merupakan angka, dll. (Materi Terlampir) |
Hari ke-2 (Sabtu, 5 Maret 2023):
No. | Waktu | Uraian Kegiatan |
---|
1 | 20 Menit (08.00-08.20) WITA | Materi : Persamaan dalam Menentukan Soal yang baik, level kognisi dari sebuah soal Fasilitator : Drs. A. Kadir HT. (Kepala UPT SMA Negeri 2 Bantaeng) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 20 Menit (08.00-08.20) WITA Tujuan : Peserta dapat menentukan soal yang baik dan level kognisi dari sebuah soal. Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Hal-hal pokok yang disampaikan pada sesi ini adalah konsep pembuatan dan penyusunan kisi-kisi soal evaluasi. Syarat kisi-kisi yang baik; (1) materi mewakili isi kurikulum yang akan diujikan, (2) komponen-komponennya rinci dan jelas, dan (3) soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator. Selanjutnya dijelaskan pula penentuan bobot nilai pada setiap butir soal (pilihan ganda dan isian), persamaan dalam menentukan soal yang baik serta menentukan level kognisi yang terdapat pada soal. (Materi Terlampir) |
2 | 1 Jam, 10 Menit (08.20-09.30) WITA | Materi : Model Penilaian Berbasis IT Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 1 Jam, 10 Menit (08.20-09.30) WITA Tujuan : Peserta dapat mengetahui dan memahami cara membuat soal menggunakan google form. Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Hal-hal pokok yang disampaikan pada sesi ini adalah memindahkan soal yang telah dibuat pada kartu soal ke dalam aplikasi google form. cara membuat halaman soal, membuat soal menjadi kuis, memberikan bobot nilai pada tiap soal, membuat hasil pemeriksaan otomatis pada form menu jawaban ke google spreadsheets, memasukkan soal yang terdapat pada bank soal yang telah dibuat sebelumnya ke dalam form. soal yang baru, membagikan link soal untuk digunakan, dan melihat hasil dari soal yang telah dikerjakan. |
3 | 09.30-10.00 | ISTIRAHAT |
4 | 2 jam (10.00-12.00) WITA | Materi : Tugas Mandiri penyusunan soal berbasis IT Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 2 Jam (10.00-12.00) WITA Tujuan : Peserta dapat membuat soal menggunakan google form. Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Hal-hal pokok yang dilakukan pada sesi ini adalah melihat hasil karya berupa soal yang telah dibuat dan presentasi hasil karya. |
5 | 12.00-12.45 | ISTIRAHAT |
6 | 10 menit (12.45-12.55) WITA | Materi : Tugas Mandiri penyusunan soal berbasis IT Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) Metode : Presentasi dan diskusi Durasi : 5 Menit (12.45-12.55) WITA Tujuan : Peserta dapat membuat soal menggunakan google form. Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. Hal-hal pokok yang dilakukan pada sesi ini adalah melihat hasil karya berupa soal yang telah dibuat dan presentasi hasil karya. |
7 | 12.55-13.00 | Acara Penutupan Durasi : 5 Menit (12.55-13.00) WITA Acara penutupan dimulai dengan Penyampaian pesan dan kesan oleh Bapak Drs. A. Kadir HT., selaku Kepala Sekolah dan langsung menutup secara resmi kegiatan IHT ini dilanjutkan foto bersama. |
BAB IV
P E N U T U P
Demikian laporan pelaksanaan in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 ini semoga kegiatan ini menjadi masukan yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan nasional, khususnya dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 2 Bantaeng. Laporan ini disajikan dengan harapan semoga bermanfaat, menjadi dokumentasi, dan bahan yang berguna dalam menetapkan kebijakan lebih lanjut untuk melaksanakan kegiatan yang serupa berikutnya.
Ketua Pelaksana,
Sukaryanto, S.Pt. M.Pd. NIP. 19710604 200604 1 017 |
| Bantaeng, 7 Maret 2023 Sekretaris,
Sukmah, S.Sos. NIP.198303202010012025 |
|
|
|
| Menyetujui, Kepala UPT SMAN 2 Bantaeng
Drs. A. KADIR HT. NIP. 196512311989031197 |
|
Lampiran Foto Kegiatan: |
Kegiatan Pembukaan oleh Kepala UPT SMAN 2 Bantaeng Bapak Drs. A. Kadir HT |
|
Bimbingan teknik penulisan Karya Sastra oleh Bapak H. ARAFAH, S.Pd., M.Pd. (Kasi Pembinaan SMA, Kantor Cabang Disdik Wil.V Bantaeng- Bulukumba-Sinjai) |
|
Kebijakan Penyusunan Penilaian oleh Ibu Dra. Hj. Sitti Nuraeti, M.M. (Pengawas Bina UPT SMAN 2 Bantaeng) |
|
Model Penilaian Berbasis IT oleh Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng) |
|
Tampak Peserta in-House Training (IHT) menerima materi pada Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 |
|
Tampak Peserta in-House Training (IHT) mempresentasikan hasil karya berupa temp. soal on line dengan menggunakan aplikasi google Form. |