in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kata “Sastra” adalah sebuah kata yang diserap dari Bahasa Sanskerta yang artinya “Teks yang mengandung instruksi atau pedoman”. Jadi dalam penulisan sebuah sastra terdapat aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi agar karya tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah karya sastra. Biasanya, karya sastra itu dikenal dengan keindahan kata-kata yang digunakan, seorang penulis harus rajin membaca, dengan membaca kita terinspirasi untuk menulis. Tanpa membaca, akan mengalami kesulitan saat menulis. Menulis dan membaca bagai bersaudara kembar, dengan menulis kita dapat mengetahui bagaimana proses lahirnya sebuah tulisan yang baik, bahkan, kita juga bisa belajar bagaimana mengungkapkan suatu hal dengan jelas dalam bentuk sebuah tulisan tanpa harus menyinggung. Ungkapan makna dapat kita temui dalam bentuk karya sastra yang dikenal dalam dua bentuk, yaitu fiksi dan nonfiksi. Jenis karya sastra fiksi adalah prosa, puisi, dan drama. Sedangkan contoh karya sastra nonfiksi adalah biografi, autobiografi, esai, dan kritik sastra. 

Fungsi karya sastra 1) Fungsi rekreatif, yaitu untuk memberikan kesenangan atau hiburan bagi pembacanya. 2) Fungsi estetis, sastra mampu memberikan keindahan bagi pembacanya. 3) Fungsi moralitas, sastra juga memberikan pengetahuan terhadap pembaca mengenai moral baik ataupun buruk.. Olehnya guru dan siswa perlu menghasilkan karya sastra dengan harapan kebiasaan menulis dan membaca menjadi budaya disekolah, fungsi karya sastra dapat berlaku dalam proses belajar mengajar untuk melatih diri dan peserta didik dalam menyampaikan pesan dan harapan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sebagai bagian masyarakat dan bangsa yang berbudaya tinggi.

Penilaian merupakan bagian penting dari kurikulum yang berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidikan sesuai standar yang ditetapkan. Dalam Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru dinyatakan bahwa salah satu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru mata pelajaran adalah dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan perbaikan pembelajaran.

Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah dituntut peran yang besar dalam proses sosialisasi dan pengimbasan kepada seluruh guru di satuan pendidikannya dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan melalui kegiatan in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian.

B. Dasar Hukum
  • Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301)
  • PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  • PP No. 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan
  • Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006 (Permen 22/2006) tentang standar isi 
  • Kepmendiknas No.23 Tahun 2006 (Permen 23/2006) tentang SKL
  • Kepmendiknas No.24 Tahun 2006 (Permen 24/2006) tentang pelaksanaan permen 22 dan 23 tahun 2006
  • Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kelulusan (SKL
  • Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi 
  • Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses 
  • Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian 
  • Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 
  • Rapat Dewan Guru pada tanggal 1 Maret 2023 dan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023

C. Tujuan
  • Kebiasaan menulis dan membaca menjadi budaya di sekolah
  • Menumbuhkan kesadaran peserta akan pentingnya melakukan refleksi diri mengenai kinerja mengajarnya terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dicapai peserta didik pada materi yang diampunya;
  • Meningkatkan penguasaan peserta terhadap substansi/materi pelajaran;
  • Meningkatkan keterampilan peserta dalam melaksanakan remedial;
  • Meningkatkan keterampilan peserta dalam menjabarkan cakupan materi ke dalam indikator;
  • Meningkatkan keterampilan peserta dalam menyusun kisi-kisi ujian sekolah.
  • Meningkatkan keterampilan peserta menyusun soal online.

D. Hasil yang diharapkan

Hasil yang diharapkan dari IHT.

  • Tersusunya buku karya sastra
  • Kesadaran peserta akan pentingnya melakukan refleksi diri mengenai kinerja mengajarnya terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dicapai peserta didik pada materi yang diampunya;
  • Meningkatkan penguasaan peserta terhadap substansi/materi pelajaran;
  • Meningkatkan keterampilan peserta dalam melaksanakan remedial;
  • Meningkatkan keterampilan peserta dalam menjabarkan cakupan materi ke dalam indikator;
  • Meningkatkan keterampilan peserta dalam menyusun kisi-kisi ujian sekolah;
  • Tersusunya soal on line untuk digunakan dalam semester VI kelas XII, mid semester genap kelas XI dan X, Ujian Sekolah Kelas XII

BAB II

STRATEGI PELAKSANAAN

A. Pengorganisasian

in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Bidang Akademik SMA Negeri 2 Bantaeng. Adapun susunan kepanitiaannya sebagai berikut:

1. Penanggung jawab: Drs. A. Kadir HT (Kepala UPT SMA Negeri 2 Bantaeng)

2. Koordinator: Abdurrahim, S.Pd (Wakasek Bagian Kurikulum) 

3. Ketua Pelaksana: Sukaryanto, S.Pt. M.Pd.

4. Sekretaris: Sukmah, S.Sos 

5. Bendahara: Nuraeni Jabbar, S.Pd. 

6. Anggota:  

a. Eroh Mutho❜at Suhaemi, S.TP., M.Pd. 

b. Jalamuddin, S.Pd. 

c. Hamriadi, S.Pd. 

d. Amsarif Anwar, S.Pd. 

e. Sartinah, S.Pd., M.Pd. 

f. Halijah, S.Pd., M.Pd.

B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan IHT dilaksanakan pada

Hari, Tanggal: Jumat s.d. Sabtu, 3 - 4 Maret 2023

Tempat: Ruang Guru SMA Negeri 2 Bantaeng, Jalan Hasanuddin No. 8 Kel. Bonto Atu, Kec. Bissappu, Kab. Bantaeng.


C. Peserta

Peserta IHT Tahun 2023 sebanyak 72 orang guru seluruh mata pelajaran di SMA Negeri 2 Bantaeng, serta 5 orang perwakilan siswa 


D. Struktur Program Acara

No.

Hari/Tanggal

Waktu

Materi

Pemateri

Ket

1

Jumat, 4 Maret 2023

13.30-14.00

Pembukaan

Kepala UPT SMAN 2 Bantaeng


2


14.00-14.45 

Bimbingan teknik penulisan Karya Sastra 

H. ARAFAH, S.Pd., M.Pd. (Kasi Pembinaan SMA, Kantor Cabang Disdik Wil.V Bantaeng- Bulukumba-Sinjai)


3


14.45-15.30

Kebijakan Penyusunan Penilaian 

Dra. Hj. Sitti Nuraeti, M.M. (Pengawas Bina UPT SMAN 2 Bantaeng)


4


15.30-16.00

ISTIRAHAT 



5


16.00-16.45 

Model Penilaian Berbasis IT 

Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)


6

Sabtu, 4 Maret 2023 

08.00-09.30

Model Penilaian Berbasis IT 

Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)


7


09.30-10.00 

ISTIRAHAT 



8


10.00-12.00

Tugas Mandiri penyusunan soal 

berbasis IT 

Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)


9


12.00-12.45 

ISTIRAHAT 



10


12.45-13.00

Penutup 

Panitia (Penanggung jawab)




E. Pembiayaan

Seluruh pembiayaan yang diperlukan untuk kegiatan IHT Tahun 2023 dibiayai oleh APBS SMA Negeri 2 Bantaeng Tahun Anggaran 2023, dengan rincian sebagai berikut:

No

Uraian

Jumlah

Harga Satuan

Keg

Total

1

Pembuatan Proposal dan laporan




Rp50.000

2

Snack 

75 orang

Rp.15.000,- 

2 hari

Rp2.250.000

3

Makan siang 

75 orang

Rp.25.000,-

1 hari 

Rp1.875.000

4

Snack di Meja Pemateri Hari 1




Rp125.000

5

Snack di Meja Pemateri Hari 2




Rp125.000

6

Lain-lain/Komunikasi Cepat




Rp75.000

Total Biaya 

Rp4.500.000


(Empat juta lima ratus ribu rupiah)


BAB III

PELAKSANAAN KEGIATAN

in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 hari pertama dilaksanakan pada Jumat, 4 Maret 2023 di SMA Negeri 2 Bantaeng. Sambutan oleh Kepala UPT SMA Negeri 2 Bantaeng, Drs. A. Kadir HT., yang menjelaskan latar belakang diadakannya IHT, maksud dan tujuan IHT, serta output yang diharapkan dari IHT. Sekaligus membuka secara resmi kegiatan IHT dan dilanjutkan dengan menyampaikan materi pertama.

Hari ke-1 (Jumat, 4 Maret 2023):

No.

Waktu

Uraian Kegiatan

1

45 Menit (14.00-14.45) WITA

Materi : Bimbingan teknik penulisan Karya Sastra 

Fasilitator : H. Arafah, S.Pd.,M.Pd. (Kasi Pembinaan SMA, Kantor Cabang Disdik Wil.V Bantaeng-Bulukumba-Sinjai)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 45 Menit (14.00-14.45) WITA

Tujuan : Peserta mengetahui dan dapat membuat Karya Sastra

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Hal-hal pokok yang disampaikan pada presentasi ini adalah Orientasi, menjelaskan teknik-teknik memulai atau mengawali penulisan. Menjelaskan, bahwa salah satu kendala yang sering dihadapi oleh seorang penulis adalah sulit memulai atau mengawali tulisan, oleh karena itu lanjut beliau kita harus berani memulai.

2

1 Jam (14.45-15.30) WITA

Materi : Kebijakan Penyusunan Penilaian

Fasilitator : Dra. Hj. Sitti Nuraeti, M.M. (Pengawas Bina UPT SMAN 2 Bantaeng)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 1 Jam (14.45-15.30) WITA

Tujuan : Peserta dapat mengetahui dan merefleksikan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik dalam Penyusunan Penilaian 

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Pada sesi ini Fasilitator menguraikan, bahwa Fungsi asesmen selama ini lebih berorientasi pada menilai hasil belajar. Hal ini mengakibatkan konsep asesmen assessment for learning dan assessment as learning (untuk pembelajaran) menjadi kurang dikenal. olehnya guru sebaiknya lebih menyadari prinsip penilaian, teknik penilaian, prosedur penilaian, serta waspada terhadap faktor kesalahan dalam penilaian.

(Materi Terlampir)

3

15.30-16.00

ISTIRAHAT 

4

45 Menit (16.00-16.45) WITA

Materi : Model Penilaian Berbasis IT 

Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 45 Menit (16.00-16.45) WITA

Tujuan : Peserta dapat mengetahui dan memahami cara membuat soal menggunakan google form.

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Pada awal sesi ini Fasilitator menguraikan tentang mendudukkan soal berdasarkan silabus, penyusunan kisi-kisi, penyusunan Kartu soal dan menggunakan berbagai aplikasi untuk penilaian dalam mengukur tingkat ketuntasan belajar peserta didik. cara penulisan butir soal berdasarkan kisi-kisi soal yang telah disusun sebelumnya. Kaidah penulisan soal harus tetap konsisten sesuai aturan penulisan butir soal, diantaranya (1) Pokok permasalahan harus terlihat jelas pada stem soal, (2) Hindari pengulangan kata atau gunakan kalimat yang efektif, (3) Untuk tipe pilihan ganda, susun pilihan jawaban secara berurutan jika merupakan angka, dll.

(Materi Terlampir)


Hari ke-2 (Sabtu, 5 Maret 2023):

No.

Waktu

Uraian Kegiatan

1

20 Menit (08.00-08.20) WITA

Materi : Persamaan dalam Menentukan Soal yang baik, level kognisi dari sebuah soal

Fasilitator : Drs. A. Kadir HT. (Kepala UPT SMA Negeri 2 Bantaeng)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 20 Menit (08.00-08.20) WITA

Tujuan : Peserta dapat menentukan soal yang baik dan level kognisi dari sebuah soal.

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Hal-hal pokok yang disampaikan pada sesi ini adalah konsep pembuatan dan penyusunan kisi-kisi soal evaluasi. Syarat kisi-kisi yang baik; (1) materi mewakili isi kurikulum yang akan diujikan, (2) komponen-komponennya rinci dan jelas, dan (3) soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator. Selanjutnya dijelaskan pula penentuan bobot nilai pada setiap butir soal (pilihan ganda dan isian), persamaan dalam menentukan soal yang baik serta menentukan level kognisi yang terdapat pada soal.

(Materi Terlampir)

2

1 Jam, 10 Menit (08.20-09.30) WITA

Materi : Model Penilaian Berbasis IT 

Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 1 Jam, 10 Menit (08.20-09.30) WITA

Tujuan : Peserta dapat mengetahui dan memahami cara membuat soal menggunakan google form.

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Hal-hal pokok yang disampaikan pada sesi ini adalah memindahkan soal yang telah dibuat pada kartu soal ke dalam aplikasi google form. cara membuat halaman soal, membuat soal menjadi kuis, memberikan bobot nilai pada tiap soal, membuat hasil pemeriksaan otomatis pada form menu jawaban ke google spreadsheets, memasukkan soal yang terdapat pada bank soal yang telah dibuat sebelumnya ke dalam form. soal yang baru, membagikan link soal untuk digunakan, dan melihat hasil dari soal yang telah dikerjakan.

3

09.30-10.00 

ISTIRAHAT 

4

2 jam (10.00-12.00) WITA

Materi : Tugas Mandiri penyusunan soal berbasis IT  

Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 2 Jam (10.00-12.00) WITA

Tujuan : Peserta dapat membuat soal menggunakan google form.

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Hal-hal pokok yang dilakukan pada sesi ini adalah melihat hasil karya berupa soal yang telah dibuat dan presentasi hasil karya.

5

12.00-12.45 

ISTIRAHAT 

6

10 menit (12.45-12.55) WITA

Materi : Tugas Mandiri penyusunan soal berbasis IT  

Fasilitator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)

Metode : Presentasi dan diskusi

Durasi : 5 Menit (12.45-12.55) WITA

Tujuan : Peserta dapat membuat soal menggunakan google form.

Alat : Laptop, Infocus dan Layar infocus

Moderator : Sukaryanto, S.Pt., M.Pd.

Hal-hal pokok yang dilakukan pada sesi ini adalah melihat hasil karya berupa soal yang telah dibuat dan presentasi hasil karya.

7

12.55-13.00

Acara Penutupan

Durasi : 5 Menit (12.55-13.00) WITA

Acara penutupan dimulai dengan Penyampaian pesan dan kesan oleh Bapak Drs. A. Kadir HT., selaku Kepala Sekolah dan langsung menutup secara resmi kegiatan IHT ini dilanjutkan foto bersama.


BAB IV

P E N U T U P

Demikian laporan pelaksanaan in-House Training (IHT) Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023 ini semoga kegiatan ini menjadi masukan yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan nasional, khususnya dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 2 Bantaeng. Laporan ini disajikan dengan harapan semoga bermanfaat, menjadi dokumentasi, dan bahan yang berguna dalam menetapkan kebijakan lebih lanjut untuk melaksanakan kegiatan yang serupa berikutnya.


Ketua Pelaksana, 






Sukaryanto, S.Pt. M.Pd.

NIP. 19710604 200604 1 017


Bantaeng, 7 Maret 2023

Sekretaris,






Sukmah, S.Sos.

NIP.198303202010012025







Menyetujui,

Kepala UPT SMAN 2 Bantaeng






Drs. A. KADIR HT.

NIP. 196512311989031197


Lampiran Foto Kegiatan:

Kegiatan Pembukaan oleh Kepala UPT SMAN 2 Bantaeng Bapak Drs. A. Kadir HT


Bimbingan teknik penulisan Karya Sastra oleh Bapak H. ARAFAH, S.Pd., M.Pd. (Kasi Pembinaan SMA, Kantor Cabang Disdik Wil.V Bantaeng- Bulukumba-Sinjai)



Kebijakan Penyusunan Penilaian oleh Ibu Dra. Hj. Sitti Nuraeti, M.M. (Pengawas Bina UPT SMAN 2 Bantaeng)


Model Penilaian Berbasis IT oleh Sukaryanto, S.Pt., M.Pd. (Guru UPT SMAN 2 Bantaeng)


Tampak Peserta in-House Training (IHT) menerima materi pada Bimbingan Teknik Penulisan Karya Sastra dan Kebijakan Penyusunan Penilaian Tahun 2023


Tampak Peserta in-House Training (IHT) mempresentasikan hasil karya berupa temp. soal on line dengan menggunakan aplikasi google Form.


Tawang

Sukaryanto Dg, Tawang, Sangat Menyukai pengamatan genetik dari mahluk hidup yang ternyata tak ada persamaan satu dengan yang lainnya meskipun sejenis bahkan kembar tidak memiliki kode DNA yang sama

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama