KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
VERTEBRATA
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan mampu:
1. Mengelompokkan hewan vertebrata ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi.
2. Memahami cara reproduksi hewan vertebrata.
3. Memahami manfaat vertebrata dalam kehidupan manusia.
B. Uraian Materi
Beberapa ahli zoology memasukkan sub phylum Hemichordata, Urochordata, dan Cephalochordata menjadi satu kelompok yang disebut Acrania (A=tidak; cranium = tempurung kepala), sedangkan kelompok lain yang telah mempunyai cranium disebut craniata, yaitu sub phylum vertebrata.
Sub phylum vertebrata dibagi atas dua super klas yang semuanya terdiri atas 8 klas:
Super klas I; Pisces ada 4 kelas yaitu:
1. Agnatha (a = tidak, gnathum = rahang)
2. Placodermata (bersisik placoid)
3. Chondrichtyes (ikan bertuulang rawan, termasuk ikan hiu)
4. Osteichtyes (ikan bertulang keras)
Super klas II; Tetrapoda (tetra= empat, poda = kaki), ada 4 klas, yaitu:
1. Amphibia (amphi= dua, bios= hidup)
2. Reptilia (hewan melata)
3. Aves (hewan unggas atau burung)
4. Mamalia (mamae=susu, artinya hewan menyusui)
Ciri khusus vertebrata adalah sebagai berikut:
1. Tubuhnya terbungkus oleh epidermis dan dermis (pada hewan yang hidup air ditutup oleh sisik dengan banyak mengandung kelenjar mukosa = glandula mukosa, hewan hidup di darat biasanya kulit luar menanduk atau menjadi keras, pada Reptilia kadang-kadang terdapat sisik tebal, dan pada burung terdapat bulu, dan pada mamalia terdapat rambut.
2. Memiliki endoskeleton.
3. Memiliki cranium.
4. Terdapat otot/daging untuk bergerak.
5. Memiliki tractus digestivus.
6. Memiliki sistem circularia (sistem peredaran darah)
7. Memiliki sistem respirstoria (sistem pernapasan)
8. Memiliki sistem excretoria (sistem ekskresi)
9. Memiliki sistem nervorum (sistem saraf)
10. Memiliki sistem endokrin
11. Memiliki sistem sensoris (indera)
12. Memiliki sistem reproduksi.
Sub phylum vertebrata dibagi atas dua super klas yang semuanya terdiri atas:
a. Kelas Pisces
Kelas Pisces (ikan) adalah kelas dari subfilum Vertebrata yang seluruh anggotanya hidup di air (akuatik), baik air tawar maupun air laut
1. Ciri-Ciri Umum
1) Habitat di perairan.
2) Triploblastik.;
3) Selomata.
4) Struktur tubuh ikan terdiri dari kepala (mengandung otak), badan dan ekor.
5) Mempunyai gurat sisi untuk dapat merasakan tekanan air.
6) Badan atau batang berotot, mengelilingi sebuah rongga yang berisi organ internal.
7) Kulit yang dilengkapi dengan kelenjar penghasil lendir agar kulit selalu licin dan ada yang tertutup sisik.
8) otot ekor postanal. Ikan juga pada umumnya mempunyai kulit yang sangat berguna untuk menutupi tubuh beserta dengan sekresi kelenjar berlendir yang akan mengurangi gesekan tubuh ikan dengan air, juga hampir seluruh jenis ikan mempunyai sisik yang berhubungan dengan sekresi kelenjar lendir membentuk lapisan yang nyaris tahan air.
9) Bernapas dengan menggunakan ikan menggunakan insang yang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan juga selalu lembap;
10) Jantung terdiri dari 2 ruangan yaitu 1 serambi dan 1 bilik.
11) Sistem peredaran darah tertutup.
12) Alat pencernaan lengkap.
13) Poikiloterm (berdarah dingin)
14) Dioecious (kelamin terpisah)
15) Alat ekskresi berupa ginjal.
16) Reproduksi seksual dengan fertilisasi internal atau eksternal.
2. Klasifikasi
Kelas Pisces dibagi menjadi dua subkelas, yaitu subkelas Chondrichthyes dan subkelas Osteichthyes :
∙ Subkelas Chondrichthyes (ikan bertulang rawan) berasal dari bahasa Yunani, yaitu chondros yang berarti rawan dan ichthyes yang berarti ikan. Contohnya adalah ikan hiu (Squalus sp.) dan ikan pari (Makararaja sp.)
∙ Subkelas Osteichthyes (ikan bertulang sejati atau keras) Osteichthyes berasal dari bahasa Yunani, yaitu osteon yang berarti tulang dan ichthyes yang berarti ikan. Contohnya adalah ikan gurame (Osphronemus goramy), ikan lele (Clarias sp.), dan ikan tuna (Thunnus sp.)
3. Peranan
1)Menjaga keseimbangan ekosistem perairan karena posisinya sebagai komponen biotik yang menempati tingkatan trofik tertentu dalam rantai makanan.
2)Sumber protein tinggi terutama omega yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan.
3)Dagingnya mengandung asam lemak tidak jenuh.
4)Tulang ikan dapat dimanfaatkan sebagai tepung ikan dan bahan pembuat lem.
5) Hiasan aquarium.
6)Beberapa ikan ganas yang ditempatkan pada habitat yang bukan habitatnya dapat ikan lokal sehingga dapat merusak keseimbangan ekosistem.
7)Ikan ganas jenis tertentu dapat menyerang manusia.
b. Kelas Amphibia
Amphibia berasal dari bahasa Yunani, yaitu amphi yang berarti kedua dan bios yang berarti hidup. Amphibia merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam, yaitu darat dan air tawar, tetapi tidak hidup di air laut
Ciri-Ciri Umum:
1. Tubuh terdiri dari kepala dan badan untuk katak namun saat masih berudu memiliki ekor.
2. Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor untuk Salamander.
3. Tubuh dilapisi oleh kulit berlendir.
4. Pada kepala katak terdiri atas kelopak mata dan membrane niktitan (selaput/membran pelindung mata saat katak berenang di air)
5. Lidah katak dapat dijulurkan panjang untuk menangkap mangsa.
6. Simetri bilateral.
7. Selomata.
8. Triploblastik.
9. Poikiloterm.
10. Sistem peredaran darah tertutup.
11. Jantung beruang 3 terdiri dari 2 serambi dan 1 bilik.
12. Alat respirasi berupa insang (berudu), paru-paru dan kulit (saat dewasa) 13. Ginjal sepasang.
14. Alat pencernaan makanan lengkap.
15. Reproduksi seksual dengan fertilisasi internal, ovipar.
16. Memiliki selaput renang yang membantu katak berenang.
17.Mengalami metamorfosis sempurna.
Sistem organ
1. Sistem pencernaan pada Amphibi terdiri atas mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus, dan kloaka. Pada langit-langit mulut, terdapat gigi vomer. Lidah bercabang dua pada ujungnya dan mengandung zat perekat yang berfungsi untuk menangkap serangga. Amphibia juga memiliki hati, pankreas, dan kantung empedu.
2. Sistem peredaran darah darah pada Amphibia merupakan sistem peredaran darah ganda dan tertutup. Peredaran darah ganda adalah peredaran darah yang melewati jantung sebanyak dua kali dalam peredarannya. Jantung memiliki tiga ruangan, yaitu 2 buah serambi (serambi kanan dan serambi kiri) serta sebuah bilik.
3. Sistem respirasi pada Amphibi berupa insang, kulit, dan paru-paru. Selama dalam fase berudu, Amphibia bernapas dengan insang. Sementara saat dewasa, Amphibia bernapas dengan paru-paru dan kulit. Paru-parunya berupa kantong-kantong dengan dinding yang memiliki banyak ruangan.
4. Sistem koordinasi pada Amphibi terdiri atas sistem saraf dan sistem hormon. Sistem saraf berupa otak yang terbagi menjadi 5 bagian dan 10 saraf kranial. Sistem hormon berupa kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, pulau-pulau Langerhans, dan gonad (kelenjar kelamin). Kelenjar pituitari yang terletak di bawah otak menghasilkan hormon-hormon perangsang pertumbuhan, perangsang metamorfosis, perangsang gonad, pengendali perluasan sel-sel pigmen yang menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap, serta pengatur keseimbangan air dan kontraksi otot.
5. Alat indra pada Amphibi terdiri atas mata, lubang hidung, dan telinga. Mata dilindungi oleh membran niktitans (kelopak tidur), kelopak mata atas, dan kelopak mata bawah. Fungsi membran niktitans adalah untuk membasahi bola mata dan melindungi mata saat berada di dalam air.
6. Lubang hidung berjumlah sepasang dan berhubungan dengan rongga mulut melalui koane. Telinga terdiri atas dua bagian, yaitu telinga tengah dan telinga dalam. Telinga tengah berhubungan dengan faring melalui saluran Eustachius. Membran timpani (gendang telinga) dimiliki oleh katak dan bangkong, sedangkan salamander tidak memilikinya. Pada Amphibia tidak terdapat telinga luar.
7. Sistem reproduksi Amphibi memiliki alat kelamin yang terpisah dan bereproduksi secara ovipar dengan fertilisasi eksternal. Telur Amphibia tidak bercangkang, tetapi diselubungi oleh gelatin. Telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi larva (berudu). Berudu hidup di air dan bernapas dengan insang luar yang kemudian beralih dengan insang dalam. Berudu memiliki ekor yang panjang dan tidak berkaki. Berudu akan mengalami metamorfosis sempurna, sehingga menjadi katak dewasa yang berkaki, tidak berekor, serta bernapas dengan paru-paru dan kulit.
Peranan:
1. Menjaga keseimbangan ekosistem karena posisinya sebagai komponen biotik yang menempati tingkatan trofik tertentu dalam rantai makanan;
2. Sumber protein tinggi sehingga memiliki nilai ekonomi;
3. Katak merupakan organisme yang banyak digunakan dalam penelitian di laboratorium;
4. Kulit katak atau kodok dapat disamak menjadi bahan tas atau dompet; 5. Racun bufotalin dan bufotenin dari kodok (Bufo marinus) menguatkan denyut jantung
c. Kelas Reptilia
Reptilia berasal dari bahasa Latin, yaitu repto yang berarti melata. Reptil meliputi hewan hewan seperti kadal, tokek, buaya, kura-kura, atau cicak. Anggota Reptilia cenderung beradaptasi dengan kehidupan darat, namun ada juga yang hidup di perairan seperti rawa, sungai, danau, atau laut
Ciri-Ciri Umum
1. Ciri-ciri Reptilia
2. Habitat di darat atau air.
3. Simetri bilateral.
4. Triploblastik.
5. Poikiloterm.
6. Eksotermik.
7. Tubuh terdiri dari kepala, leher, badan dan ekor.
8. Tubuh ditutupi sisik dari keratin sehingga kedap air dan mencegah dehidrasi.
9. Memiliki 4 kaki untuk melata kecuali ular.
10. Alat pencernaan lengkap.
11. Memiliki gigi dan lidah.
12. Peredaran darah tertutup.
13. Jantung dibedakan menjadi 4 ruang yaitu dua serambi dan 2 bilik.
14. Reproduksi seksual secara internal.
15. Ovipar, ovovivipar.
16. Ekskresi dengan ginjal yang pipih.
17. Sistem saraf otak dan 12 pasang saraf kranial.
18. Beberapa melakukan hibernasi.
19. Memiliki kelenjar pembau dekat kloaka, pada kura-kura kelenjar bau dapat ditemukan di antara perisai dorsal (karapas) dan perisai ventral (plastron).
20. Reptilia terbagi menjadi empat ordo, yaitu ordo Crocodylia, Rhynchocephalia, Squamata, dan Testudines.
Peranan
1. Menjaga keseimbangan ekosistem karena posisinya sebagai komponen biotik yang menempati tingkatan trofik tertentu dalam rantai makanan.
2. Pembasmi hama alami, contoh ular di sawah merupakan predator alami untuk membasmi hama tikus.
3. Kulit reptilia bernilai ekonomi tinggi karena diproses menjadi tas, sepatu, dan ikat pinggang.
4. Beberapa daerah atau negara pengkonsumsi daging beberapa jenis reptilian.
5. Bisa ular dapat dijadikan sebagai serum.
d. Kelas Aves
Kelas Aves merupakan anggota Vertebrata yang memiliki ciri khas, yaitu tubuh ditutupi oleh bulu yang berasal dari epidermis. Anggota kelas Aves umumnya memiliki alat gerak berupa sayap untuk terbang.
Ciri Umum
1. Habitat di rawa-rawa, padang rumput, pesisir pantai, tengah lautan, gua-gua batu, perkotaan, dan wilayah kutub.
2. Simetri bilateral.
3. Triploblastik.
4. Homoiterm.
5. Memiliki sepasang sayap yang umumnya digunakan untuk terbang dan sepasang kaki untuk berjalan.
6. Tubuh ditutupi bulu dari keratin kecuali kaki dan paruh. Bulu burung berganti minimal sekali dalam setahun.
7. Bentuk paruh disesuaikan dengan jenis makanan.
8. Tulang berongga untuk meringankan tubuh Aves.
9. Peredaran darah tertutup.
10. Jantung terbagi menjadi 4 ruang yaitu 2 serambi dan 2 bilik.
11. Alat pencernaan makanan lengkap.
12. Tidak memiliki gigi untuk mengunyah tetapi memiliki tembolok.
13. memiliki cakar tajam untuk mencengkeram mangsa, cakar pemanjat pohon, cakar penggali tanah dan serasah, cakar berselaput untuk berenang, cakar kuat untuk berlari dan merobek perut musuhnya.
14. Warna bulu dihasilkan oleh butir pigmen melanin dan karotenoid.
15. Sistem ekskresi dengan menggunakan ginjal metanefros.
16. Tidak memiliki vesica urinaria.
17. Reproduksi seksual dengan fertilisasi internal.
18. Ovipar.
Peranan
1. Menjaga keseimbangan ekosistem karena posisinya sebagai komponen biotik yang menempati tingkatan tropik tertentu dalam rantai makanan. 2. Sumber protein dari daging dan telur.
3. Bulu bulu bisa dijadikan hiasan asesoris.
4. Bulu sebagai bahan industri kok (suttlecock) bulu tangkis.
5. Bahan obat-obatan herbal, misal sarang burung walet.
6. Hiburan dari warna dan kicauan burung.
e. Kelas Mamalia
Mamalia berasal dari bahasa Latin, yaitu mamae yang berarti susu. Mamalia meliputi hewan yang memiliki kelenjar susu pada hewan betinanya, sedangkan kelenjar susu pada hewan jantan mengalami reduksi (menyusut)
Ciri – ciri umum
▪ Habitat di darat.
▪ Mempunyai kelenjar susu.
▪ Simetri bilateral.
▪ Selomata.
▪ Triploblastik.
▪ Tubuh ditutupi rambut.
▪ Homoiterm.
▪ Alat gerak digunakan untuk berjalan, berenang, dan memegang sesuatu.
▪ Memiliki kuku atau cakar untuk Mamalia pemanjat.
▪ Memiliki gigi taring, gigi seri dan juga gigi geraham.
▪ Alat respirasi paru-paru.
▪ Ekskresi menggunakan ginjal, paru-paru, hati, dan kulit.
▪ Peredaran darah tertutup.
▪ Jantung dibedakan menjadi 4 ruang yaitu 2 serambi dan 2 bilik.
▪ Darah terdiri dari plasma darah dan sel darah : eritrosit, leukosit, dan trombosit.
▪ Alat pencernaan makanan lengkap.
▪ Reproduksi seksual dengan cara fertilisasi internal.
▪ Embrio berkembang di dalam rahim (Vivipar)
Klasifikasi
Kelas Mamalia dibagi dalam 12 Ordo, yakni:
1. Ordo Marsupialia, contoh : kanguru (Dendrolagus sp), opossum (Didelphia marsupialia), kuskus (Phalanger sp), dan koala (Phascolarctus sp)
2. Ordo Insektivora, contoh : Scalopus sp, Echinosorex albus, dan Scapanus sp
3. Ordo Dermoptera, contoh : Gakopithecus sp.
4. Ordo Chiroptera, contoh : Desmodus sp (vampire), Pteropus edulis (kalong Jawa), dan Myotes sp.
5. Ordo Primata, contoh : kera, orang utan, monyet, dan lutung.
6. Ordo Rodentia, contoh : Rattus sp (tikus), Sciurus sp (tupai pohon), dan Erethyson sp(landak), Marmota sp (marmut), dan Mus musculus (mencit)
7. Ordo Carnivora, contoh : Felis leo (singa), Canis lupus (serigala), Felis tigris(harimau)
8. Ordo Laghomorpha, contoh : kelinci (Oryctologus cuniculus)
9. Ordo Cetacea, contoh : Dolphinus delvis (dolphin laut), Phalenoptera musculus (paus biru)
10.Ordo Proboscidea, contoh : Loxodonta africana (gajah Afrika), Elephas maximus(gajah di India dan Indonesia)
11.Ordo Perissodactyla, contoh : keledai (Equus asinus), kuda (Equus caballus), dan tapir (Tapirus indicus)
12. Ordo Artiodactyla, contoh : Antilocarpa sp (antelope), Cervus sp (kijang), Bos sondaicus (banteng)
Peranan
1. Bahan baku industri kain dari benang wol;
2. Bahan baku industri berbahan dasar kulit;
3. Bahan baku industri pangan dari hewani baik daging maupun susu;
4. Wahana wisata dan edukasi;
5. Alat transportasi;
6. Membantu di bidang pertanian
C. Rangkuman
Vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang atau tulang punggung. Hewan-hewan yang tergolong dalam Vertebrata dibagi lagi menjadi beberapa jenis yakni :
1. Ikan (Pisces), yaitu Hewan yang hidup didalam air, bernafas dengan insang dengan alat gerak berupa sirip dan berkembang biak dengan cara bertelur.
2. Amfibi (Amphibia), yaitu Hewan yang dapat hidup di dua alam (darat dan air), berdarah dingin (tidak dapat mengatur suhu badan sendiri) dan bernafas dengan paru-paru. Contoh Hewan Amfibi seperti Katak, Salamander dan kadal air.
3. Reptil (Reptilia), adalah hewan melata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutup tubuhnya. Contoh Hewan Reptil adalah buaya, kadal dan ular.
4. Burung (Aves), yaitu Hewan yang bisa terbang, Hewan Aves atau Burung ini memiliki bulu yang menutupi tubuhnya dengan alat gerak berupa kaki dan sayap. Meskipun Aves sering disebut sebagai hewan yang bisa terbang, ada beberapa jenis hewan yang tergolong dalam Aves tetapi tidak bisa terbang seperti Ayam, Bebek, Angsa dan Kalkun.
5. Hewan Menyusui (Mamalia), yaitu hewan yang memiliki kelenjar susu (betina) yang berfungsi untuk menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya. Hewan Mamalia pada umumnya adalah hewan yang berdarah panas dan bereproduksi secara kawin. Hewan Menyusui atau mamalia ini ada yang hidup di darat dan ada juga hidup di air. Contoh Hewan Mamalia yang hidup di darat seperti Sapi, Domba, Monyet, Rusa, Kuda dan Gajah. Sedangkan Hewan Mamalia yang habitatnya di air seperti Paus, Lumba-lumba dan Duyung.
D. Penugasan Mandiri
Dalam kegiatan ini, kalian diminta untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang berbagai jenis hewan vertebrata yang ada di sekitar tempat tinggalmu kemudian menuliskannya di dalam tabel. Dengan kegiatan ini diharapkan kalian dapat menjelaskan berbagai jenis hewan dan memprediksi jenis hewan berdasarkan ciri yang teramati, hasilnya silahkan diisikan ke dalam tabel berikut.
E. Latihan Soal
Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang paling benar!
1. Dari semua jenis ikan yang ada sekarang, ikan dapat digolongkan menjadi tiga kelas yaitu….
A. Agnatha, Condrichthyes,dan Osteichthyes
B. Reptile,agnatha dan osteichthyes
C. Aves,pisces dan reptil
D. Mamalia,aves dan reptil
E. Amphibian,aves dan pisces
2. Ciri mamalia yang tidak dimiliki vertebrata lain yaitu…..
A. Berbulu dan bertelur
B. Bertelur dan menyusui
C. Berambut dan memiliki uterus
D. Menyusui dan bertelur
E. Beranak dan menyusui
3. Ditemukan suatu organisme dengan ciri-ciri:
(1) tubuh memiliki sisik
(2) rangka tersusun atas endoskeleton
(3) bertulang belakang
(4)bernapas dengan paru-paru
(5) tipe reproduksi ovipar
Di Dalam klasifikasi makhluk hidup, organisme Yang memiliki ciri-ciri tersebut termasuk dalam kelas….
A. Chondroictyes
B. Amphibia
C. Reptilia
D. Aves
E. Mamalia
4. Daftar hewan sebagai berikut:
1. Kelinci
2. Anjing
3. Ular
4. Tikus
5. Tupai
6. Kucing
7. Harimau
Kelompok mamalia ordo rodentia adalah….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 6
D. 4 dan 5
E. 6 dan 7
5. Perhatikan karakteristik hewan berikut ini:
(1) Tubuh ditutupi sisik
(2) Sistem rangka endoskeleton
(3) Bernapas dengan paru-paru
(4) Vivipar
(5) Mempunyai ruas tulang belakang
(6) Tidak memiliki alat gerak
Ciri khas yang menunjukan kelas reptilia adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (5), dan (6)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
6. Perhatikan data berikut:
I. Heterotrof.
II. Multi seluler.
III. Uniseluler.
IV. Prokariotik.
V. Eukariotik.
Ciri-ciri organisme kingdom animalia terdapat pada nomor….
A. I, II, dan IV
B. I, III, dan V
C. I, II, dan V
D. I, III, dan IV
E. I, II, dan III
7. Berdasarkan jumlah lapisan tubuhnya, hewan terbagi menjadi dua, yakni….
A. Diploblastik dan triploblastik.
B. Diploblastik dan vertebrata.
C. Avertebrata dan vertebrata.
D. Bilateral dan tripoblastik.
E. Avertebrata dan radial
8. Perhatikan data berikut:
1) Terdapat diafragma antara rongga
2) Memiliki kloaka
3) Jantung terdiri atas empat ruangan
4) Memiliki vesika urinaria (kandung kemih)
5) Peredaran darah tunggal
Yang merupakan ciri-ciri Mamalia adalah….
A. 2, 3, 4.
B. 3, 4, 5
C. 1, 3, 5
D. 1, 3, 4
E. 1, 2, 3
Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Latihan
Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 2.
Nilai = Nilai Perolehan/Nilai Maksimal x 100 %
Konversi tingkat penguasaan:
90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang
Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar pada KD berikutnya. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 2, terutama bagian yang belum dikuasai.
F. Penilaian Diri
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab!
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak".
Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya
EVALUASI
Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang paling benar!
1. Perhatikan gambar ini .
Sel-sel yang bertugas untuk mengedarkan makanan ke seluruh tubuh pada hewan tersebut adalah….
A. Sel ameboid
B. Koanosit
C. Skleroblas
D. Pinakosit
E. Spikula
2. Perhatikan data berikut:
– Memiliki lapisan luar yang disebut epidermis.
– Memiliki sel-sel silindris yang disebut porosit.
– Memiliki material seperti jeli yang disebut mesenkim pada lapisan dalam epidermis.
– Memiliki sel kolar.
– Memiliki oskulum.
– Memiliki sel amoebosit.
Data tersebut merupakan ciri-ciri dari filum…
A. Cnidaria.
B. Porifera.
C. Platyhelminthes.
D. Nematoda.
E. Annelida
3. Perhatikan gambar pengelompokan phylum porifera ini .
Klasifikasi porifera tersebut berdasarkan
A. jenis habitat
B. jenis mangsa
C. tipe saluran air
D. cara reproduksi
E. bahan penyusun rangka
4. Dibawah ini fase dari obelia:
1) Medusa
2) polip
3) Planula
4) Zigot
Urutan daur hidup obelia adalah ….
A. 1)-2)-3)-4)
B. 1)-3)-4)-2)
C. 2)-1)-4)-3)
D. 2)-4)-3)-1)
E. 3)-4)-2)-1)
5. Perhatikan gambar berikut.
Berikut yang merupakan bukan bagian contoh dari kelas cacing tersebut ….
A. Schytosoma japonicum
B. Ascaris lumbricoides
C. Fasciola hepatica
D. Taena solium
E. Planaria
6. Perhatikan gambar salah satu contoh cacing berikut.
Bagaimana cara mengedarkan makanan keseluruh tubuhnya pada hewan cacing diatas ?
A. Dengan menggunakan sistem gastrovaskuler
B. Dengan menggunakan triploblastik
C. Dengan menggunakan sistem limfa
D. Dengan menggunakan mesoderm
E. Dengan gerakan otot-otot
7. Gambar daur hidup cacing dari kelompok Trematoda.
Berturut-turut nomor 1, 2, 3, 4 dan 5 adalah….
A. Telur – mirasidium – sporokista – redia – serkaria
B. Telur – sporokista – mirasidium – redia – serkaria
C. Telur – redia – sporokista – mirasidium – serkaria
D. Telur – redia – serkaria – sporokista – mirasidium
E. telur – mirasidium – redia – serkaria – sporokista
8. Cacing ini ditularkan melalui nyamuk culex dan menyebabkan pembengkakkan sistem limfa.
Cacing yang dimaksud adalah….
A. Chlonorchis sinensis
B. Wucheria bancrofti
C. Ancylostoma duodenale
D. Ascaris lumbricoides
E. Enterobius vermicularis
9. Seekor hewan di pantai memiliki cangkang dari rumah siput, tetapi kakinya sepuluh buah, sepasang diantaranya berupa capit. Memiliki mata bertangkai sepasang, berjalan dengan cepat. Hewan tersebut tergolong….
A. Gastropoda
B. Mollusca
C. Crustacea
D. Decapoda
E. Arachnoidea
10. Fungsi buluh malpighi pada di bawah ini adalah ….
A. Mengeluarkan sisa metabolisme bentuk cair
B. Mengeluarkan feses
C. Mengeluarkan karbon dioksida
D. Menyerap air
E. Mengedarkan air keseluruh tubuh
11. Hewan pada gambar berikut bernapas dengan….
A. Insang
B. Trakea
C. Paru – paru buku
D. Trakea dan insang
E. Paru – paru buku dan insang
12. Di bawah ini yang bukan termasuk ciri-ciri kelas insecta ialah ….
A.Tubuhnya terbagi menjadi kepala, dada, abdomen.
B. Memiliki tiga pasang kaki.
C. Bernapas menggunakan trakea.
D. Kepala terdiri atas bagian mulut, antena, mata majemuk, dan mata tunggal.
E. Memiliki sefalotoraks
13. Berdasarkan jumlah lapisan tubuhnya, hewan terbagi menjadi dua, yakni
A. Diploblastik dan triploblastik.
B. Diploblastik dan vertebrata.
C. Avertebrata dan vertebrata.
D. Bilateral dan tripoblastik
E. Avertebrata dan radial
14. Jika adanya rahang dipergunakan untuk menentukan tingginya tingkatan vertebrata, maka kelas yang paling rendah tingkatannya adalah …..
A. Chondrichthyes
B. Osteichthyes
C. Agnatha
D. Placodermi
E. Amphibia
15. Perhatikan data berikut:
I. Heterotrof.
II. Multi seluler.
III. Uniseluler.
IV. Prokariotik.
V. Eukariotik.
Ciri-ciri organisme kingdom animalia terdapat pada nomor….
A. I, II, dan IV
B. I, III, dan V.
C. I, II, dan V.
D. I, III, dan IV.
E. I, II, dan III
16. Perhatikan data berikut:
1) Terdapat diafragma antara rongga
2) Memiliki kloaka
3) Jantung terdiri atas empat ruangan
4) Memiliki vesika urinaria (kandung kemih)
5) Peredaran darah tunggal
Yang merupakan ciri-ciri mamalia adalah….
A. 2, 3, 4.
B. 3, 4, 5.
C. 1, 3, 5
D. 1, 3, 4.
E. 1, 2, 3.
17. Tabel ciri-ciri vertebrata
Yang termasuk kelas Amfibi adalah ......
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
18. Kucing, anjing, harimau menunjukan kekerabatan yang dekat sehingga dikelompokan ke dalam kelompok karnivora berdasarkan ….
A. Cara berkembang biak
B. Jenis makanan
C. Jumlah anggota gerak
D. Sistem rangka tubuh
E. Sistem pernafasan
19. Perhatikan karakteristik hewan berikut ini!
(1) Tubuh ditutupi sisik
(2) Sistem rangka endoskeleton
(3) Bernapas dengan paru-paru
(4) Vivipar
(5) Mempunyai ruas tulang belakang
(6) Tidak memiliki alat gerak
Ciri khas yang menunjukan kelas reptilia adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (5), dan (6)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
20. Berikut ini merupakan manfaat vertebrata bagi manusia, kecuali….
A. sumber inspirasi objek bagi pelukis
B. sumber protein hewani yang potensial
C. ikut mengatur kesinambungan ekosistem
D. sebagai alat transportasi bagi sebagian anggota masyarakat
E. sebagai bahan penelitian dan pembelajaran dunia pendidikan
Kunci Jawaban Evaluasi
DAFTAR PUSTAKA
Invertebrates. Fifth Edition. Rastogi Publications. Shivaji Road. Meerut- 250.India.
Irnaningtyas. 2013. Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kotpal, R.L, Agarwal, Khetarpal. 1981. Modern Textbook of Zoology
Kristiani, Ninik. 2010. Biologi Grade X. Jakarta: PT Intermitra Group.