KEGIATAN PEMBELAJARAN 3
TUMBUHAN BERBIJI (SPERMATOPHYTA)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan
1.Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
2.Menyusun klasifikasi tumbuhan berbiji
3.Mengumpulkan informasi tentang manfaat Spermatophyta bagi manusia
B. Uraian Materi
Dalam pembelajaran ini setelah disajikan berbagai macam gambar tumbuhan biji kalian diharapkan dapat mengidentifikasi prinsip penggolongan tumbuhan dan dapat menjelaskan ciri- ciri tumbuhan biji.
Ciri –ciri Tumbuhan Biji
a. Telah memiliki akar, batang dan daun sejati serta berkas pengangkut sehingga termasuk ke dalam kelompok Tracheophyta.
b. Tubuhnya makroskopis dengan ukuran yang bervariasi. Dapat berupa semak, perdu, pohon, atau liana.
c. Alat perkembangbiakan jelas antara jantan dan betina yang berupa bunga atau strobilus, dan dalam reproduksinya akan menghasilkan biji yang di dalamnya terdapat embrio.
d. Generasi sporofitnya berupa tumbuhan dan generasi gametofitnya berupa bunga
1. Spermatophyta (Tumbuhan Biji)
Spermatophyta berasal dari bahasa yunani, yaitu sperma yang berarti biji, dan phyton yang berarti tumbuhan. Meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji terdapat calon individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Spermatophyta merupakan anggota plantae sejati dan menghasilkan biji untuk perkembangbiakannya (kormofita berbiji ) sedang alat perkembangbiakannya tampak jelas dapat diamati sehingga disebut sebagai Phanerogamae. Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji. Tumbuhan ini memiliki arti penting bagi organisme lain di bumi. Bahan makanan manusia dan hewan banyak yang berasal dari tumbuhan berbiji.
Ciri-ciri Tumbuhan Biji Secara Umum
a. Memiliki biji.
b. Memiliki berkas pengangkut (xilem dan floem)
c. Merupakan tumbuhan kormophyta (memiliki akar, batang dan daun sejati)
d. Menghasilkan bunga (Anthophyta).
e. Bersifat autotrof.
f. Alat perkembangbiakan sudah jelas antara jantan dan betina yang berupa bunga atau strobilus.
g. Generasi sporofitnya berupa tumbuhan dan generasi gametofitnya berupa bunga.
Reproduksi dan Siklus Hidup Tumbuhan Biji
Perkembangbiakan tumbuhan biji terjadi secara generatif (seksual) dengan membentuk biji yang diawali dengan pembentukan gamet (gametogenesis), penyerbukan (polinasi), peleburan gamet jantan dan betina (fertilisasi) yang menghasilkan Misal, kemudian menjadi embrio. Perkembangan secara vegetatif (aseksual) dengan organ-organ vegetatif seperti tunas, tunas adventif, rhizoma, dan stolon.
Gymnospermae bereproduksi secara generatif (seksual) dengan membentuk biji. Alat reproduksinya berupa strobilus terbentuk ketika tumbuhan sudah dewasa. Gymnospermae mengalami pembuahan tunggal.
Angiospermae memiliki alat perkembangbiakan yaitu berupa bunga. Reproduksi pada Angiospermae diawali dengan adanya proses penyerbukan (menempelnya serbuk sari pada kepala putik) dan proses pembuahan (penyerbukan sel telur dan kantung lembaga pada bakal biji dengan inti yang berasal dari serbuk sari). Selanjutnya zigot berkembang menjadi embrio dan kemudian menjadi buah. Pembuahan yang terjadi pada Angiospermae disebut pembuahan ganda, karena dua inti generatif (sperma) masing-masing membuahi sel telur yang akan menjadi lembaga dan inti kandung lembaga menjadi endosperm.
Klasifikasi Spermatophyta
a. Gymnospermae (Berbiji terbuka)
Disebut biji terbuka karena bijinya tidak ditutupi oleh daging buah. Gymnospermae umumnya memiliki struktur daun tebal, banyak cabang, tudung daun membentuk kerucut, dan belum memiliki bunga sesungguhnya. Reproduksi generatif terjadi satu kali pembuahan (pembuahan tunggal) yang menghasilkan zigot. Waktu antara penyerbukan dan pembuahan berlangsung relatif lama.
Ciri-ciri gymnospermae:
1) Memiliki bakal biji yang tidak tertutup oleh daun buah.
2) Berupa perdu atau pohon, batang dapat tumbuh membesar dan bercabang-cabang.
3) Belum memiliki bunga sejati (hanya berupa strobilus jantan dan betina).
Gymnospermae mempunyai 4 divisi, yaitu:
1) Kelas Cycadophyta
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan biji yang primitif, hidup di daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia kita kenal pakis haji (Cycas rumphii) merupakan tanaman hias, akarnya bersimbiosis dengan ganggang biru (Anabaena) yang dapat mengikat nitrogen Perkembangan dari Pteridophyta. Memiliki daun yang besar seperti tumbuhan palem.
2) Kelas Ginkgophyta
Sebagian besar sudah punah yang ada ginko biloba.Ginkgo (gingko biloba) merupakan spesies tunggal dari salah satu divisio anggota tumbuhan berbiji terbuka yang pernah tersebar luas di dunia. Pada masa kini tumbuhan ini diketahui hanya tumbuh liar di Asia Timur Laut, namun telah tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon penghias taman atau pekarangan. Bentuk tumbuhan modern ini tidak banyak berubah dari fosil-fosilnya yang ditemukan.
3) Kelas Pinophyta
Memiliki daun berbentuk seperti jarum dan selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Contoh : taxus baccata, agathis alba, araucaria cunninghamii.
4) Kelas Gnetophyta
Berupa pohon dengan banyak cabang dan dengan daun tunggal juga memiliki bunga majemuk. Contoh : Melinjo dan ephedra altissima
Gambar 11. Beberapa tanaman Gymnospermae
2. Angiospermae (Berbiji tertutup)
Disebut biji tertutup karena bijinya terbungkus oleh daging buah. Memiliki alat reproduksi berupa bunga sempurna (benang sari, putik, bakal buah, bakal biji, mahkota, kelopak, dan tangkai). Reproduksi generatif mengalami dua kali pembuahan (pembuahan ganda) yang menghasilkan zigot (pembuahan inti generatif/sperma dengan ovum) dan endosperm (pembuahan inti generatif/sperma dengan kandung lembaga sekunder). Pada umumnya tumbuhan ini berupa pohon, perdu, semak, liana, atau herba.
Ciri-ciri Angiospermae:
a. Bakal biji diselubungi daun buah yang merupakan bakal buah.
b. Berupa herba, perdu, atau pohon.
c. Mempunyai organ yang berupa bunga lengkap (terdapat kelopak bunga, mahkota bunga, serta alat kelamin berupa benang sari dan putik).
Klasifikasi Angiospermae:
Angiospermae dibagi menjadi 2 kelas, yaitu:
a. Kelas Monocotyledoneae
Ciri-ciri kelas Monocotyledoneae adalah sebagai berikut:
1) Berbiji tunggal (hanya memiliki 1 daun lembaga), sistem akar serabut, batang sama besar dan tidak bercabang.
2) Daun tunggal berpelepah dan bertulang sejajar. Bagian bunga kelipatan tiga.
3) Akar dan batang tidak berkambium, sehingga tidak dapat tumbuh membesar.
4) Xilem dan floem tersebar.
Contoh kelas monocotyledoneae adalah : Oryza sativa(padi), Zea mays (jagung), dan Cocos nucifera (kelapa)
b. Kelas Dicotyledoneae
Ciri-ciri kelas dicotyledoneae adalah sebagai berikut :
1) Berkeping dua (memiliki dua daun lembaga), memiliki akar tunggang.
2) Batang kerucut panjang, bercabang dan berkambium.
3) Daun tunggal atau majemuk, tulang daun menyirip atau menjari.
4) Bagian bunga kelipatan dua, empat atau lima.
5) Memiliki kambium sehingga dapat mengalami pertumbuhan sekunder (pertumbuhan melebar), xilem dan floem tersusun dalam lingkaran.
Contoh kelas dicotyledoneae: Mangifera indica (mangga),Manihot utilissima (ketela pohon), dan Psidium guajava (jambu biji)
C. Rangkuman
1. Spermatophyta berasal dari bahasa yunani, yaitu sperma yang berarti biji, dan phyton yang berarti tumbuhan. Meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji terdapat calon individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Spermatophyta merupakan anggota plantae sejati dan menghasilkan biji untuk perkembangbiakannya (kormofita berbiji ) sedang alat perkembangbiakannya tampak jelas dapat diamati sehingga disebut sebagai Phanerogamae. Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji.
2. Perkembangbiakan tumbuhan biji terjadi secara generatif (seksual) dengan membentuk biji yang diawali dengan pembentukan gamet (gametogenesis), penyerbukan (polinasi), peleburan gamet jantan dan betina (fertilisasi) yang menghasilkan Misal, kemudian menjadi embrio. Perkembangan secara vegetatif (aseksual) dengan organ-organ vegetatif seperti tunas, tunas adventif, rhizoma, dan stolon.
3. Gymnospermae bereproduksi secara generatif (seksual) dengan membentuk biji. Alat reproduksinya berupa strobilus terbentuk ketika tumbuhan sudah dewasa. Gymnospermae mengalami pembuahan tunggal.
4. Angiospermae memiliki alat perkembangbiakan yaitu berupa bunga. Reproduksi pada Angiospermae diawali dengan adanya proses penyerbukan (menempelnya serbuk sari pada kepala putik) dan proses pembuahan (penyerbukan sel telur dan kantung lembaga pada bakal biji dengan inti yang berasal dari serbuk sari). Selanjutnya zigot berkembang menjadi embrio dan kemudian menjadi buah. Pembuahan yang terjadi pada Angiospermae disebut pembuahan ganda, karena dua inti generatif (sperma) masing-masing membuahi sel telur yang akan menjadi lembaga dan inti kandung lembaga menjadi endosperm Tumbuhan ini memiliki arti penting bagi organisme lain di bumi. Bahan makanan manusia dan hewan banyak yang berasal dari tumbuhan berbiji
D. Penugasan Mandiri (optional)
Dalam kegiatan ini, kalian diminta untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggalmu kemudian menuliskannya di dalam tabel. Dengan kegiatan ini diharapkan kalian dapat menjelaskan berbagai jenis tumbuhan dan memprediksi jenis tumbuhan berdasarkan ciri yang teramati, hasilnya silahkan diisikan ke dalam tabel berikut
E. Latihan Soal
Pilihlah satu jawaban yang paling benar
1. Bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) tempat terjadinya pembuahan disebut ....
A. dasar putik
B. mikrofil
C. kotak sari
D. putik
E. serbuk sari
2. Perhatikan ciri tumbuhan berikut!
1. Terjadi pembuahan ganda
2. Bakal biji terbungkus oleh daun buah
3. Berkeping biji
4. Daun kaku dan sempit
Berdasarkan ciri di atas, yang termasuk ciri tumbuhan biji tertutup yaitu nomor...
A. 3 dan 4
B. 1,2, dan 3
C. 1 dan 3
D. 1,2, dan 4
E. 2 dan 4
3. Semua jenis spermatophyta dapat menghasilkan....
A. Strobilus
B. Spora
C. Biji
D. Bunga
E. Rizoid
4. Yang termasuk ke dalam kelompok Gymnospermae yaitu...
A. alang-alang, pakis haji, damar, cemara
B. damar, pinus, cemara, pisang
C. pinang, pakis haji, cemara, pinus
D. pinus, damar, pakis haji, melinjo
E. damar, melinjo, alang-alang, pakis haji
5. Perhatikan ciri spermatophyta berikut!
1. Akar tunggang
2. Bakal biji terlihat
3. Akar serabut
4. Bakal biji tak terlihat
5. Pembuahan tunggal
Berdasarkan data tersebut yang termasuk ciri Gymnospermae yaitu nomor....
A. 2 saja
B. 1, 2 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 1, 4 dan 5
E. 1 saja
6. Pinus masuk dalam golongan tumbuhan conifer, karena mempunyai...
A. Daun yang kecil dan kaku seperti jarum
B. Bunga jantan dan bunga betina
C. Strobilus jantan dan betina
D. Bunga berbentuk kerucut
E. Bunga sempurna
7. Tumbuhan berbiji tertutup dari kelas dikotil berdasarkan ada tidaknya daun mahkota bunga dibagi menjadi 3 subkelas, yaitu ...
A. Piperaceae, cannaceae, dan fagaceae
B. Monokotil, monoklamida, dan dialipetala
C. Monoklamida, simpetala, dan dialipetala
D. Dialipetala, monoklamida, dan cycadinae
E. Piperceae, cycadinae, Dialipetala
8. Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan ciri-ciri khas yang terdapat pada semua struktur di bawah ini, kecuali....
A. susunan akarnya
B. susunan anatomi pembuluh batangnya
C. morfologi bunganya
D. sifat haploid sel kelaminnya
E. tipe biji
Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Latihan
Pedoman Penskoran
Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 3.
Nilai = Nilai Perolehan/Nilai Maksimal x 100 %
Konversi tingkat penguasaan:
90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang
Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar KD berikutnya. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 3, terutama bagian yang belum dikuasai
F. Penilaian Diri
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab!
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
EVALUASI
Pilihlah satu jawaban yang paling benar
1. Bryophyta merupakan tumbuhan yang masih memiliki ciri tumbuhan talus, yaitu …
A. tidak mempunyai pembuluh
B. tidak mempunyai alat kelamin
C. tidak mempunyai akar, batang, dan daun yang jelas
D. mengalami pertumbuhan membesar
E. tidak berfotosintesis
2. Protalium termasuk generasi paku yang menghasilkan….
A. Spora
B. Gamet
C. Biji
D. kromosom haploid
E. sorus
3. Jika spora paku jatuh di tempat yang sesuai, akan tumbuh menjadi ....
A. Protalium
B. Protonema
C. Sporangium
D. Sporofil
E. tanaman paku
4. Bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) tempat terjadinya pembuahan disebut ....
A. serbuk sari
B. mikrofil
C. bakal buah
D. kotak sari
E. kepala putik
5. Pada daur hidup tumbuhan lumut, fase setelah spora adalah….
A. Protalium
B. Protonema
C. Anteridium
D. Arkegonium
E. Zigot
6. Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan ciri-ciri khas yang terdapat pada semua struktur di bawah ini, kecuali....
A. susunan akarnya
B. susunan anatomi pembuluh batangnya
C. morfologi bunganya
D. sifat haploid sel kelaminnya
E. tipe biji
7. Kesamaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku adalah ....
A. kormofita sejati
B. struktur sporofit
C. struktur gametofit
D. rhizoid pada sporofit
E. metagenesis
8. Pembuluh angkut tidak ditemukan pada ....
A. Pteridophyta
B. Bryophyta
C. Monokotil
D. Dikotil
E. Gymnospermae
9. Tumbuhan manakah yang memiliki kambium ....
A. Pisang
B. Padi
C. Jagung
D. Tebu
E. kacang tanah
10. Pipa kapiler yang berfungsi untuk pengangkutan air di dalam tubuh tumbuhan adalah ....
A. Xylem
B. Floem
C. berkas pembuluh
D. trakeid
E. trakea
11. Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan jenis dan ukuran berbeda disebut ....
A. paku peralihan
B. paku heterospora
C. paku tidak sempurna
D. paku homospora
E. paku sempurna
12. .Pada Bryophyta, struktur mirip akar yang berfungsi membawa air dan nutrisi ke jaringan adalah ....
A. Rhizome
B. Anteridia
C. Arkegonia
D. Protonema
E. Rizoid
13. Sporangium adalah ....
A. daun yang tidak mengandung spora
B. daun yang mengandung spora
C. kotak spora yang menghasilkan spora
D. pelindung spora
E. spora yang berukuran kecil
14. Bagian alat reproduksi jantan pada angiospermae adalah ....
A. Stamen
B. Stylus
C. Pistilum
D. Sepal
E. Ovulum
15. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri umum dari tumbuhan dikotil adalah ....
A. biji berkeping dua
B. tulang daun menjari atau menyirip
C. memiliki akar serabut
D. memiliki kambium
E. memiliki bunga dengan kelipatan 4 atau 5
16. Pada anatomi biji monokotil, bagian biji yang berperan untuk cadangan makanan adalah….
A. endosperma
B. radikula
C. hipokotil
D. epikotil
E. kotiledon
17. Bagian bunga yang berperan untuk melindungi bunga ketika masih dalam keadaan kuncup adalah….
A. kelopak
B. dasar buah
C. mahkota
D. ovulum
E. dasar bunga
18. Pinus merupakan anggota Gymnospermae dari divisi ....
A. Pteridophyta
B. Equisetophyta
C. Lycopodophyta
D. Cycadophyta
E. Pinophyta
19. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan kosmopolit, sebab ....
A. hidupnya epifit
B. hidupnya di tempat yang lembab
C. hidupnya dapat di mana saja
D. hidupnya di air
E. hidupnya parasit di daerah dingin
20. Berikut adalah contoh spesies dari kingdom Plantae yang biasa dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama, yaitu ....
A. Cocos nucifera
B. Ficus benjamina
C. Salacca sp.
D. Psidium guajava
E. Oryza sativa
Kunci Jawaban Evaluasi
DAFTAR PUSTAKA
Campbell, Neil A. 2008. Biologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
https://www.gurupendidikan.co.id/kingdom-plantae/
http://budisma.net/2014/11/pengertian-kingdom-plantae-dan-ciri-ciri tumbuhan.html
https://ekosistem.co.id/metagenesis-tumbuhan-paku/
http://www.sridianti.com/ciri-ciri-tumbuhan-lumut-bryophyta.html http://www.sridianti.com/reproduksi-lumut.html
https://www.sridianti.com/reproduksi-pteridophyta-tumbuhan-paku.html https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016
https://rumus.co.id/tumbuhan-paku/
http://evaheniastuti.blogspot.com/2013/09/spermatophyta-tumbuhan-berbiji.html https://www.google.co.id/search?q=bryophyta+dan+pteridophyta& https://www.google.co.id/search?q=lumut
Irnaningtyas, 2013, Biologi. Jakarta: Erlangga
Khristiyono, Buku Penilaian Autentik Biologi X, Erlangga, Jakarta, 2013 Tim Widya Gamma,Eksplorasi UN SMA/MA, IPA/MIPA, Yrama Widya, 2017 Yusa dan Manickam Bala Subra . 2016. Buku siswa aktif dan kreatif belajar biologi 2 untuk SMA/MA kelas XI Peminatan Matematika dan ilmu - ilmu alam. Bandung : Grafindo Media Pratama