KEGIATAN PEMBELAJARAN 3: TUMBUHAN BERBIJI (SPERMATOPHYTA)

 KEGIATAN PEMBELAJARAN 3

TUMBUHAN BERBIJI (SPERMATOPHYTA) 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan 

1.Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan berbiji (Spermatophyta) 

2.Menyusun klasifikasi tumbuhan berbiji 

3.Mengumpulkan informasi tentang manfaat Spermatophyta bagi manusia 

B. Uraian Materi 

Dalam pembelajaran ini setelah disajikan berbagai macam gambar tumbuhan biji kalian diharapkan dapat mengidentifikasi prinsip penggolongan tumbuhan dan dapat  menjelaskan ciri- ciri tumbuhan biji. 

Ciri –ciri Tumbuhan Biji 

a. Telah memiliki akar, batang dan daun sejati serta berkas pengangkut sehingga  termasuk ke dalam kelompok Tracheophyta. 

b. Tubuhnya makroskopis dengan ukuran yang bervariasi. Dapat berupa semak,  perdu, pohon, atau liana. 

c. Alat perkembangbiakan jelas antara jantan dan betina yang berupa bunga atau  strobilus, dan dalam reproduksinya akan menghasilkan biji yang di dalamnya  terdapat embrio. 

d. Generasi sporofitnya berupa tumbuhan dan generasi gametofitnya berupa bunga 

1. Spermatophyta (Tumbuhan Biji) 

Spermatophyta berasal dari bahasa yunani, yaitu sperma yang berarti biji, dan  phyton yang berarti tumbuhan. Meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang  bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji terdapat calon  individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan yang  terbungkus oleh lapisan pelindung. Spermatophyta merupakan anggota plantae  sejati dan menghasilkan biji untuk perkembangbiakannya (kormofita berbiji )  sedang alat perkembangbiakannya tampak jelas dapat diamati sehingga disebut  sebagai Phanerogamae. Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan yang  menghasilkan biji. Tumbuhan ini memiliki arti penting bagi organisme lain di bumi.  Bahan makanan manusia dan hewan banyak yang berasal dari tumbuhan berbiji. 

Ciri-ciri Tumbuhan Biji Secara Umum 

a. Memiliki biji. 

b. Memiliki berkas pengangkut (xilem dan floem) 

c. Merupakan tumbuhan kormophyta (memiliki akar, batang dan daun sejati) 

d. Menghasilkan bunga (Anthophyta). 

e. Bersifat autotrof. 

f. Alat perkembangbiakan sudah jelas antara jantan dan betina yang berupa  bunga atau strobilus. 

g. Generasi sporofitnya berupa tumbuhan dan generasi gametofitnya berupa bunga.


Reproduksi dan Siklus Hidup Tumbuhan Biji 

Perkembangbiakan tumbuhan biji terjadi secara generatif (seksual) dengan  membentuk biji yang diawali dengan pembentukan gamet (gametogenesis),  penyerbukan (polinasi), peleburan gamet jantan dan betina (fertilisasi) yang  menghasilkan Misal, kemudian menjadi embrio. Perkembangan secara vegetatif  (aseksual) dengan organ-organ vegetatif seperti tunas, tunas adventif, rhizoma, dan  stolon. 

Gymnospermae bereproduksi secara generatif (seksual) dengan membentuk biji.  Alat reproduksinya berupa strobilus terbentuk ketika tumbuhan sudah dewasa.  Gymnospermae mengalami pembuahan tunggal. 

Angiospermae memiliki alat perkembangbiakan yaitu berupa bunga. Reproduksi  pada Angiospermae diawali dengan adanya proses penyerbukan (menempelnya  serbuk sari pada kepala putik) dan proses pembuahan (penyerbukan sel telur dan  kantung lembaga pada bakal biji dengan inti yang berasal dari serbuk sari).  Selanjutnya zigot berkembang menjadi embrio dan kemudian menjadi buah.  Pembuahan yang terjadi pada Angiospermae disebut pembuahan ganda, karena  dua inti generatif (sperma) masing-masing membuahi sel telur yang akan menjadi  lembaga dan inti kandung lembaga menjadi endosperm. 

Klasifikasi Spermatophyta 

a. Gymnospermae (Berbiji terbuka) 

Disebut biji terbuka karena bijinya tidak ditutupi oleh daging buah.  Gymnospermae umumnya memiliki struktur daun tebal, banyak cabang,  tudung daun membentuk kerucut, dan belum memiliki bunga sesungguhnya.  Reproduksi generatif terjadi satu kali pembuahan (pembuahan tunggal) yang  menghasilkan zigot. Waktu antara penyerbukan dan pembuahan berlangsung  relatif lama. 

Ciri-ciri gymnospermae: 

1) Memiliki bakal biji yang tidak tertutup oleh daun buah. 

2) Berupa perdu atau pohon, batang dapat tumbuh membesar dan  bercabang-cabang. 

3) Belum memiliki bunga sejati (hanya berupa strobilus jantan dan betina). 

Gymnospermae mempunyai 4 divisi, yaitu: 

1) Kelas Cycadophyta 

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan biji yang primitif, hidup di daerah  tropis dan subtropis. Di Indonesia kita kenal pakis haji (Cycas rumphii)  merupakan tanaman hias, akarnya bersimbiosis dengan ganggang biru  (Anabaena) yang dapat mengikat nitrogen Perkembangan dari  Pteridophyta. Memiliki daun yang besar seperti tumbuhan palem. 

2) Kelas Ginkgophyta 

Sebagian besar sudah punah yang ada ginko biloba.Ginkgo (gingko biloba)  merupakan spesies tunggal dari salah satu divisio anggota tumbuhan  berbiji terbuka yang pernah tersebar luas di dunia. Pada masa kini  tumbuhan ini diketahui hanya tumbuh liar di Asia Timur Laut, namun telah  tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon  penghias taman atau pekarangan. Bentuk tumbuhan modern ini tidak  banyak berubah dari fosil-fosilnya yang ditemukan.

3) Kelas Pinophyta 

Memiliki daun berbentuk seperti jarum dan selalu berwarna hijau  sepanjang tahun. Contoh : taxus baccata, agathis alba, araucaria  cunninghamii. 

4) Kelas Gnetophyta 

Berupa pohon dengan banyak cabang dan dengan daun tunggal juga  memiliki bunga majemuk. Contoh : Melinjo dan ephedra altissima 

Gambar 11. Beberapa tanaman Gymnospermae 

2. Angiospermae (Berbiji tertutup) 

Disebut biji tertutup karena bijinya terbungkus oleh daging buah. Memiliki alat  reproduksi berupa bunga sempurna (benang sari, putik, bakal buah, bakal biji,  mahkota, kelopak, dan tangkai). Reproduksi generatif mengalami dua kali  pembuahan (pembuahan ganda) yang menghasilkan zigot (pembuahan inti  generatif/sperma dengan ovum) dan endosperm (pembuahan inti  generatif/sperma dengan kandung lembaga sekunder). Pada umumnya tumbuhan  ini berupa pohon, perdu, semak, liana, atau herba. 

Ciri-ciri Angiospermae: 

a. Bakal biji diselubungi daun buah yang merupakan bakal buah. 

b. Berupa herba, perdu, atau pohon. 

c. Mempunyai organ yang berupa bunga lengkap (terdapat kelopak bunga,  mahkota bunga, serta alat kelamin berupa benang sari dan putik). 

Klasifikasi Angiospermae: 

Angiospermae dibagi menjadi 2 kelas, yaitu: 

a. Kelas Monocotyledoneae 

Ciri-ciri kelas Monocotyledoneae adalah sebagai berikut:

1) Berbiji tunggal (hanya memiliki 1 daun lembaga), sistem akar serabut,  batang sama besar dan tidak bercabang.

2) Daun tunggal berpelepah dan bertulang sejajar. Bagian bunga kelipatan tiga. 

3) Akar dan batang tidak berkambium, sehingga tidak dapat tumbuh  membesar. 

4) Xilem dan floem tersebar. 

Contoh kelas monocotyledoneae adalah : Oryza sativa(padi), Zea mays (jagung), dan Cocos nucifera (kelapa) 

b. Kelas Dicotyledoneae 

Ciri-ciri kelas dicotyledoneae adalah sebagai berikut : 

1) Berkeping dua (memiliki dua daun lembaga), memiliki akar tunggang. 

2) Batang kerucut panjang, bercabang dan berkambium. 

3) Daun tunggal atau majemuk, tulang daun menyirip atau menjari. 

4) Bagian bunga kelipatan dua, empat atau lima. 

5) Memiliki kambium sehingga dapat mengalami pertumbuhan sekunder (pertumbuhan melebar), xilem dan floem tersusun dalam lingkaran. 

Contoh kelas dicotyledoneae: Mangifera indica (mangga),Manihot utilissima  (ketela pohon), dan Psidium guajava (jambu biji) 

C. Rangkuman 

1. Spermatophyta berasal dari bahasa yunani, yaitu sperma yang berarti biji, dan  phyton yang berarti tumbuhan. Meliputi semua tumbuhan berpembuluh yang  bereproduksi secara generatif dengan membentuk biji. Di dalam biji terdapat  calon individu baru (embrio sporofit atau lembaga) beserta cadangan makanan  yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Spermatophyta merupakan anggota  plantae sejati dan menghasilkan biji untuk perkembangbiakannya (kormofita  berbiji ) sedang alat perkembangbiakannya tampak jelas dapat diamati sehingga  disebut sebagai Phanerogamae. Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan  yang menghasilkan biji. 

2. Perkembangbiakan tumbuhan biji terjadi secara generatif (seksual) dengan  membentuk biji yang diawali dengan pembentukan gamet (gametogenesis),  penyerbukan (polinasi), peleburan gamet jantan dan betina (fertilisasi) yang  menghasilkan Misal, kemudian menjadi embrio. Perkembangan secara vegetatif  (aseksual) dengan organ-organ vegetatif seperti tunas, tunas adventif, rhizoma,  dan stolon. 

3. Gymnospermae bereproduksi secara generatif (seksual) dengan membentuk biji.  Alat reproduksinya berupa strobilus terbentuk ketika tumbuhan sudah dewasa.  Gymnospermae mengalami pembuahan tunggal. 

4. Angiospermae memiliki alat perkembangbiakan yaitu berupa bunga. Reproduksi  pada Angiospermae diawali dengan adanya proses penyerbukan (menempelnya  serbuk sari pada kepala putik) dan proses pembuahan (penyerbukan sel telur dan  kantung lembaga pada bakal biji dengan inti yang berasal dari serbuk sari).  Selanjutnya zigot berkembang menjadi embrio dan kemudian menjadi buah.  Pembuahan yang terjadi pada Angiospermae disebut pembuahan ganda, karena  dua inti generatif (sperma) masing-masing membuahi sel telur yang akan menjadi  lembaga dan inti kandung lembaga menjadi endosperm Tumbuhan ini memiliki  arti penting bagi organisme lain di bumi. Bahan makanan manusia dan hewan  banyak yang berasal dari tumbuhan berbiji

D. Penugasan Mandiri (optional) 

Dalam kegiatan ini, kalian diminta untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang  berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggalmu kemudian  menuliskannya di dalam tabel. Dengan kegiatan ini diharapkan kalian dapat  menjelaskan berbagai jenis tumbuhan dan memprediksi jenis tumbuhan berdasarkan  ciri yang teramati, hasilnya silahkan diisikan ke dalam tabel berikut 


Nama Tumbuhan 

Kelas 

Peranan
























E. Latihan Soal 

Pilihlah satu jawaban yang paling benar 

1. Bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) tempat terjadinya  pembuahan disebut .... 

A. dasar putik  

B. mikrofil 

C. kotak sari 

D. putik 

E. serbuk sari 

2. Perhatikan ciri tumbuhan berikut! 

1. Terjadi pembuahan ganda 

2. Bakal biji terbungkus oleh daun buah 

3. Berkeping biji 

4. Daun kaku dan sempit 

Berdasarkan ciri di atas, yang termasuk ciri tumbuhan biji tertutup yaitu nomor... 

A. 3 dan 4 

B. 1,2, dan 3  

C. 1 dan 3 

D. 1,2, dan 4 

E. 2 dan 4 

3. Semua jenis spermatophyta dapat menghasilkan.... 

A. Strobilus 

B. Spora 

C. Biji 

D. Bunga 

E. Rizoid 

4. Yang termasuk ke dalam kelompok Gymnospermae yaitu... 

A. alang-alang, pakis haji, damar, cemara 

B. damar, pinus, cemara, pisang 

C. pinang, pakis haji, cemara, pinus 

D. pinus, damar, pakis haji, melinjo 

E. damar, melinjo, alang-alang, pakis haji

5. Perhatikan ciri spermatophyta berikut! 

1. Akar tunggang 

2. Bakal biji terlihat 

3. Akar serabut 

4. Bakal biji tak terlihat 

5. Pembuahan tunggal 

Berdasarkan data tersebut yang termasuk ciri Gymnospermae yaitu nomor.... 

A. 2 saja 

B. 1, 2 dan 5 

C. 2, 3 dan 5 

D. 1, 4 dan 5 

E. 1 saja 

6. Pinus masuk dalam golongan tumbuhan conifer, karena mempunyai... 

A. Daun yang kecil dan kaku seperti jarum 

B. Bunga jantan dan bunga betina 

C. Strobilus jantan dan betina 

D. Bunga berbentuk kerucut 

E. Bunga sempurna 

7. Tumbuhan berbiji tertutup dari kelas dikotil berdasarkan ada tidaknya daun mahkota  bunga dibagi menjadi 3 subkelas, yaitu ... 

A. Piperaceae, cannaceae, dan fagaceae 

B. Monokotil, monoklamida, dan dialipetala 

C. Monoklamida, simpetala, dan dialipetala 

D. Dialipetala, monoklamida, dan cycadinae 

E. Piperceae, cycadinae, Dialipetala 

8. Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan ciri-ciri khas yang terdapat pada  semua struktur di bawah ini, kecuali.... 

A. susunan akarnya 

B. susunan anatomi pembuluh batangnya 

C. morfologi bunganya 

D. sifat haploid sel kelaminnya 

E. tipe biji

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Latihan

No Soal 

Kunci 

Pembahasan

1 

A 

Tahap reproduksi generatif pada tumbuhan  Angiospermae setelah  terjadinya penyerbukan adalah pembuahan atau fertilisasi. Pembuahan merupakan proses meleburnya inti sperma dan  ovum (sel telur) yang terjadi pada dasar putik untuk membuat  embrio tumbuhan.

2 

B

mempunyai bunga. 

daunnya pipih, lebar dengan susunan tulang beraneka ragam. bakal biji atau biji tidak terlihat. 

selisih waktu antara penyerbukan dan pembuahan relatif  singkat. 

adanya pembuahan ganda 

Bakal biji terbungkus oleh daun buah

3 

Spermatophyta (Yunani, sperma=biji , phyton=tumbuhan)  adalah kelompok tumbuhan yang memiliki biji

4 

D 

pinus, damar, pakis haji, melinjo

5 

Akar tunggang 

Memiliki bakal biji yang tidak tertutup oleh daun buah. Berupa perdu atau pohon, batang dapat tumbuh membesar  dan bercabang-cabang. 

Belum memiliki bunga sejati (hanya berupa strobilus jantan  dan betina). 

Pembuahan tunggal

6 

Lihat pembahasan nomor 6

7 

Dicotyledoneae dapat dibedakan dalam 3 sub kelas :  Monochlamyceae(Apetalae), Dialypetalae, dan Sympetalae,  yang perbedaannya terletak dalam ada dan tidaknya daun daun mahkota (petalae) dan bagaimana susunan daun-daun  mahkota tersebut

8 

D 

Perbedaan Monokotil dan Dikotil ( Lihat table dibawah ini)



Perbedaan 

Monokotil 

Dikotil

Keping biji 

Berkeping satu 

Berkeping dua

Pembelahan  

biji

Tidak membelah saat  berkecambah 

Membelah saat berkecambah

Bentuk akar 

Akar serabut 

Akar tunggang

Tudung akar 

Memiliki tudung akar 

Tidak memiliki tudung akar

Pembentukan  akar 

Terbentuk dari batang 

Terbentuk dari percabangan akar  utama

Cabang batang 

Tidak bercabang 

Bercabang

Kambium 

Tidak memiliki  

kambium 

Memiliki kambium

Pertumbuhan  sekunder

Tidak ada, hanya  

pertumbuhan  

memanjang

Ada, sehingga terdapat  

pertumbuhan membesar

Bentuk daun 

Memanjang 

Melebar

Tulang daun 

Sejajar 

Menyirip atau menjari

Kelopak bunga 

Jumlah kelopak 3 atau  kelipatannya

Jumlah kelopak 2, 4, dan 5 atau  kelipatannya

Berkas  

pengangkut 

Tersebar 

Teratur

Korteks 

Tidak memiliki korteks 

Tersusun atas korteks dan stele

Pembuluh  

kayu

Tidak memiliki  

pembuluh kayu 

Memiliki pembuluh kayu



Pedoman Penskoran 

Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul  ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk  mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 3.

Nilai = Nilai Perolehan/Nilai Maksimal x 100 % 

Konversi tingkat penguasaan:  

90 - 100% = baik sekali  

80 - 89% = baik  

70 - 79% = cukup  

< 70% = kurang  

Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan  Kegiatan Belajar KD berikutnya. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus  mengulangi materi Kegiatan Belajar 3, terutama bagian yang belum dikuasai

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 

No. 

Pertanyaan 

Jawaban

01. 

Saya sudah dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan Angiospermae 

Ya

Tidak

02 

Saya sudah dapat menyebutkan ciri-ciri tumbuhan Gymnospermae 

Ya

Tidak

.  

03

Saya sudah dapat memberi contoh tumbuhan Angiospermae 

Ya

Tidak

04 

Saya sudah dapat memberi contoh tumbuhan Gymnospermae 

Ya

Tidak

.05 

Saya sudah dapat membedakan tumbuhan dicotyl  dan monocotyl 

Ya

Tidak

06. 

Saya dapat menyebutkan contoh tanaman baik yang dikotil maupun monokotil 

Ya

Tidak

07 

Saya dapat menjelaskan peranan tumbuhan Spermatophyta 

Ya

Tidak



Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada  bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan  ke pembelajaran berikutnya.

EVALUASI 

Pilihlah satu jawaban yang paling benar 

1. Bryophyta merupakan tumbuhan yang masih memiliki ciri tumbuhan talus, yaitu …  

A. tidak mempunyai pembuluh 

B. tidak mempunyai alat kelamin 

C. tidak mempunyai akar, batang, dan daun yang jelas 

D. mengalami pertumbuhan membesar 

E. tidak berfotosintesis 

2. Protalium termasuk generasi paku yang menghasilkan…. 

A. Spora 

B. Gamet 

C. Biji 

D. kromosom haploid 

E. sorus 

3. Jika spora paku jatuh di tempat yang sesuai, akan tumbuh menjadi .... 

A. Protalium 

B. Protonema 

C. Sporangium 

D. Sporofil 

E. tanaman paku 

4. Bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) tempat terjadinya pembuahan disebut .... 

A. serbuk sari 

B. mikrofil 

C. bakal buah 

D. kotak sari 

E. kepala putik 

5. Pada daur hidup tumbuhan lumut, fase setelah spora adalah…. 

A. Protalium 

B. Protonema 

C. Anteridium 

D. Arkegonium 

E. Zigot 

6. Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan ciri-ciri khas yang terdapat pada  semua struktur di bawah ini, kecuali.... 

A. susunan akarnya 

B. susunan anatomi pembuluh batangnya 

C. morfologi bunganya 

D. sifat haploid sel kelaminnya 

E. tipe biji 

7. Kesamaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku adalah .... 

A. kormofita sejati 

B. struktur sporofit 

C. struktur gametofit 

D. rhizoid pada sporofit 

E. metagenesis

8. Pembuluh angkut tidak ditemukan pada .... 

A. Pteridophyta 

B. Bryophyta 

C. Monokotil 

D. Dikotil 

E. Gymnospermae 

9. Tumbuhan manakah yang memiliki kambium .... 

A. Pisang 

B. Padi 

C. Jagung 

D. Tebu 

E. kacang tanah 

10. Pipa kapiler yang berfungsi untuk pengangkutan air di dalam tubuh tumbuhan adalah  .... 

A. Xylem 

B. Floem 

C. berkas pembuluh 

D. trakeid 

E. trakea 

11. Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan jenis dan ukuran berbeda disebut  .... 

A. paku peralihan 

B. paku heterospora 

C. paku tidak sempurna 

D. paku homospora 

E. paku sempurna 

12. .Pada Bryophyta, struktur mirip akar yang berfungsi membawa air dan nutrisi ke  jaringan adalah .... 

A. Rhizome 

B. Anteridia 

C. Arkegonia 

D. Protonema 

E. Rizoid 

13. Sporangium adalah .... 

A. daun yang tidak mengandung spora 

B. daun yang mengandung spora 

C. kotak spora yang menghasilkan spora 

D. pelindung spora 

E. spora yang berukuran kecil 

14. Bagian alat reproduksi jantan pada angiospermae adalah .... 

A. Stamen 

B. Stylus 

C. Pistilum 

D. Sepal 

E. Ovulum

15. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri umum dari tumbuhan dikotil adalah .... 

A. biji berkeping dua 

B. tulang daun menjari atau menyirip 

C. memiliki akar serabut 

D. memiliki kambium 

E. memiliki bunga dengan kelipatan 4 atau 5 

16. Pada anatomi biji monokotil, bagian biji yang berperan untuk cadangan makanan adalah…. 

A. endosperma 

B. radikula 

C. hipokotil 

D. epikotil 

E. kotiledon 

17. Bagian bunga yang berperan untuk melindungi bunga ketika masih dalam keadaan kuncup adalah…. 

A. kelopak 

B. dasar buah 

C. mahkota  

D. ovulum 

E. dasar bunga 

18. Pinus merupakan anggota Gymnospermae dari divisi .... 

A. Pteridophyta 

B. Equisetophyta 

C. Lycopodophyta 

D. Cycadophyta 

E. Pinophyta 

19. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan kosmopolit, sebab .... 

A. hidupnya epifit 

B. hidupnya di tempat yang lembab 

C. hidupnya dapat di mana saja 

D. hidupnya di air 

E. hidupnya parasit di daerah dingin 

20. Berikut adalah contoh spesies dari kingdom Plantae yang biasa dijadikan sebagai  sumber karbohidrat utama, yaitu .... 

A. Cocos nucifera 

B. Ficus benjamina 

C. Salacca sp. 

D. Psidium guajava 

E. Oryza sativa


Kunci Jawaban Evaluasi


No Soal 

Kunci 

No Soal 

Kunci 

No Soal 

Kunci 

No Soal 

Kunci

11 

16 

A

12 

17 

A

13 

18 

E

14 

19 

C

10 

15 

20 

E

DAFTAR PUSTAKA 

Campbell, Neil A. 2008. Biologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga. 

https://www.gurupendidikan.co.id/kingdom-plantae/ 

http://budisma.net/2014/11/pengertian-kingdom-plantae-dan-ciri-ciri tumbuhan.html 

https://ekosistem.co.id/metagenesis-tumbuhan-paku/ 

http://www.sridianti.com/ciri-ciri-tumbuhan-lumut-bryophyta.html http://www.sridianti.com/reproduksi-lumut.html 

https://www.sridianti.com/reproduksi-pteridophyta-tumbuhan-paku.html https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016 

https://rumus.co.id/tumbuhan-paku/ 

http://evaheniastuti.blogspot.com/2013/09/spermatophyta-tumbuhan-berbiji.html https://www.google.co.id/search?q=bryophyta+dan+pteridophyta& https://www.google.co.id/search?q=lumut 

Irnaningtyas, 2013, Biologi. Jakarta: Erlangga 

Khristiyono, Buku Penilaian Autentik Biologi X, Erlangga, Jakarta, 2013 Tim Widya Gamma,Eksplorasi UN SMA/MA, IPA/MIPA, Yrama Widya, 2017 Yusa dan Manickam Bala Subra . 2016. Buku siswa aktif dan kreatif belajar biologi  2 untuk SMA/MA kelas XI Peminatan Matematika dan ilmu - ilmu alam. Bandung :  Grafindo Media Pratama

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*