A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan dapat:
1. Menjelaskan peranan bakteri yang menguntungkan pada kehidupan manusia
2. Menjelaskan peranan bakteri yang merugikan pada kehidupan manusia
B. Uraian Materi
1. Peranan Bakteri Yang Menguntungkan
a. Di bidang Pertanian
Menjaga keseimbangan dan kelestarian ekosistem, serta berperan dalam bidang pertanian Bakteri-bakteri yang berperan menjaga keseimbangan dan kelestarian ekosistem, serta berperan dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut.
1) Mengikat nitrogen bebas dan menyuburkan tanah, misalnya Rhizobium leguminosarum yang bersimbiosis dengan akar kacang-kacangan.
2) Berperan dalam proses nitrifikasi dan menyuburkan tanah, misalnya Nitrosomonas, Nitrosococcus, dan Nitrobacter.
3) Menguraikan sisa-sisa bangkai dan tumbuhan yang mati. Peran ini dilakukan oleh bakteri-bakteri saprofit yang hidup di tanah, air tawar, maupun air laut.
4) Mengolah limbah organik, misalnya Clostridium butyricum.
5) Memperbaiki kualitas tanah yang tercemar oleh logam berat, misalnya Pseudomonas aeruginosa.
b. Mencerna makanan
Bakteri-bakteri yang berperan dalam proses pencernaan makanan adalah sebagai berikut.
1) Saprofit di usus besar vertebrata, misalnya Aerobacter aerogenes.
2) Menghasilkan vitamin K dan membusukkan makanan di usus besar, misalnya Escherichia coli.
c. Menghasilkan antibiotik, vitamin, enzim, dan hormon
Bakteri-bakteri yang berperan dalam pembuatan antibiotik, vitamin, enzim, dan hormon adalah sebagai berikut.
1. Pembuatan berbagai macam antibiotik, misalnya Streptomyces griseus, pembuat antibiotik streptomisin, Streptomyces rimosus, pembuat antibiotik tetrasiklin, Streptomyces venezuelae, pembuat antibiotik kloramfenikol.
2. Pembuatan vitamin, misalnya Pseudomonas denitrificans dan Propionibacterium shermanii yang dapat menghasilkan vitamin B12.
3. Pembuatan enzim dan hormon, misalnya strain bakteri hasil rekayasa genetika seperti Escherichia coli yang dapat menghasilkan hormon insulin sintetis
d. Menghasilkan berbagai jenis makanan dan minuman baru Bakteri-bakteri yang berperan dalam pembuatan berbagai jenis makanan dan minuman baru adalah sebagai berikut.
1) Pembuatan yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
2) Pembuatan kefir yaitu Streptococcus lactis,
3) Pembuatan keju yaitu Streptococcus cremoris
4) Pembuatan nata de coco dari air kelapa, misalnya Acetobacter xylinum.
5) Pembuatan asam cuka dan alkohol, misalnya Acetobacter aceti dan Gluconobacter.
6) Pembuatan asam amino untuk bahan MSG, misalnya Corynebacterium glutamicum dan Brevibacterium flavum.
e. Membunuh hama tanaman (biopestisida)
Beberapa bakteri dapat dimanfaatkan dalam pembuatan bioinsektisida komersial karena dapat membunuh hama ulat serangga, seperti Bacillus thuringiensis, Bacillus popilliae, Bacillus lentimorbus, atau Bacillus sphaericus.
f. Berperan dalam industri logam
Bakteri yang telah dimanfaatkan dalam industri logam berat adalah Thiobacillus ferrooxidans yaitu untuk memisahkan tembaga dari bijihnya.
g. Menghasilkan biogas
Bakteri yang dapat menghasilkan biogas dari sampah dan kotoran ternak adalah Methanobacterium
2. Peranan Bakteri Yang Merugikan
Setelah membahas manfaat bakteri, sekarang lanjut ke peranan negatif bakteri, ya. Bakteri memiliki peranan negatif karena dapat menimbulkan berbagai penyakit, baik penyakit pada manusia, maupun pada ternak dan tanaman budidaya.
a. Penyebab penyakit pada manusia
Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia adalah sebagai berikut.
1. Treponema pallidum, penyebab penyakit sifilis.
2. Bordella pertusis, penyebab penyakit batuk rejan (pertusis).
3. Neisseria gonorrhoeae, penyebab penyakit gonore (kencing nanah) pada pria dan wanita.
4. Mycobacterium tuberculosis, penyebab penyakit TBC.
5. Mycobacterium leprae, penyebab penyakit lepra.
6. Corynebacterium diphtheriae, penyebab penyakit difteri.
7. Clostridium tetani, penyebab penyakit tetanus.
8. Vibrio cholerae, penyebab penyakit kolera.
9. Salmonella typhi, penyebab penyakit tipes.
10. Streptococcus pneumoniae, penyebab penyakit radang paru-paru (pneumonia).
11. Clostridium botulinum, penyebab keracunan makanan (botulisme)
b. Penyebab penyakit pada ternak
Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada ternak adalah sebagai berikut.
1) Bacillus anthracis, penyebab penyakit antraks yang dapat menular ke manusia.
2) Coxiella burnetii, penyebab demam pada ternak yang dapat menular ke manusia.
c. Penyebab penyakit pada tanaman budidaya
Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman budidaya adalah sebagai berikut.
1. Agrobacterium tumefaciens, penyebab penyakit tumor crown gall.
2. Pseudomonas solanacearum, penyebab penyakit pada tanaman tomat, terong, dan cabai.
3. Candidatus liberibacter asiaticus, penyebab penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) pada tanaman jeruk.
4.Pseudomonas cattleyae, penyebab penyakit pada tanaman anggrek seperti Cattleya.
5. Bacterium papaya, penyebab penyakit pada tanaman pepaya
C. Rangkuman
Bakteri memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, baik peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan. Bakteri memiliki peran yang positif karena bermanfaat di bidang pertanian, mencerna makanan, menghasilkan antibiotik, vitamin, enzim dan hormon, menghasilkan berbagai jenis makanan dan minuman yang baru, membunuh hama tanaman, bermanfaat pada industri logam, serta menghasilkan biogas. Bakteri memiliki peranan negatif karena dapat menimbulkan berbagai penyakit, baik penyakit pada manusia, maupun pada ternak dan tanaman budidaya.
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
Untuk mengukur kemampuan dalam pembelajaran 1 kalian dapat menjawab soal-soal berikut ini. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
1. Perhatikan nama-nama bakteri berikut ini ....
1) Rhizobium leguminosarum
2) Nitrosomonas
3) Escherichia coli
4) Streptomyces griseus
Bakteri yang berperan dalam bidang pertanian adalah....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E. 1 dan 4
2. Pseudomonas denitrificans dan Propionibacterium shermanii merupakan bakteri yang sangat bermanfaat karena dapat ....
A. Mengikat nitrogen dari udara
B. Menghasilkan antibiotik
C. Menghasilkan zat makanan baru seperti yogurt
D. Menghasilkan biogas
E. menghasilkan vitamin B12
3. Perhatikan tabel berikut ini !
Pasangan yang tepat antara bakteri dan zat makanan baru yang dihasilkan adalah....
A. 1 – B
B. 2 - A
C. 3 - B
D. 2 – C
E. 3 – C
4. Untuk menjawab pertanyaan berikut perhatikanlah gambar di bawah ini !
Berdasarkan gambar jenis penyakit yang disebabkan adalah ....
A. Pneumonia
B. TBC
C. Kolera
D. Tetanus
E. Tipes
5. Bakteri berikut yang menyebabkan kerusakan pada taman anggrek adalah....
A. Candidatus liberibacter asiaticus
B. Pseudomonas solanacearum
C. Pseudomonas cattleyae
D. Bacterium papaya
E. Agrobacterium tumefaciens
KUNCI DAN PEMBAHASAN SOAL LATIHAN
Pedoman Penskoran
Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 2.
Konversi tingkat penguasaan:
90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang
Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar Materi selanjutnya. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 2, terutama bagian yang belum dikuasai.
F. Penilaian Diri
Lakukan penilaian diri untuk mengetahui seberapa jauh, kalian memahami materi pada kegiatan pembelajaran ini. Berilah tanda centang (v) pada kolom jika sesuai atau tidak sesuai dengan yang dirasakan.
Jika menjawab “Tidak” pada salah satu pertanyaan di atas maka pelajari kembali modul kegiatan pembelajaran 2. “Jangan putus asa”. Jika menjawab “Ya “ pada semua pertanyaan, maka lanjutkan ke Modul berikutnya
EVALUASI
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Perhatikan struktur sel bakteri berikut ini
Bagian yang berfungsi sebagai alat gerak adalah nomor .....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
2. Pada bakteri terdapat DNA non kromosom yang berbentuk sirkuler dan berukuran lebih kecil dibandingkan dengan DNA kromosom. Mempunyai kemampuan bereplikasi tanpa kontrol DNA kromosom dan berfungsi menentukan sifat-sifat tertentu, seperti sifat patogen, sifat fertilitas, atau sifat kekebalan terhadap antibiotik. Bagian sel bakteri yang dimaksud adalah...
A. Kromosom
B. Plasmid
C. Ribosom
D. Mesosom
E. Materi genetik
3. Perhatikan bentuk sel bakteri berikut ini !
Berdasarkan gambar bakteri yang berbentuk diplobasil adalah nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
4. Bakteri yang dinding selnya mengandung lapisan peptidoglikan yang tipis sehingga menyerap warna merah dengan pewarnaan Gram. Bakteri yang dimaksud adalah kelompok ....
A. Bakteri gram negatif
B. Bakteri gram positif
C. Bakteri aerob
D. Bakteri Anaerob
E. Bakteri fakultatif
5. Perhatikan gambar berikut ini !
Berdasarkan alat geraknya peritrik ditunjukkan oleh nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
6. Kelompok bakteri ada yang tidak dapat menyusun zat makanannya sendiri tetapi dengan memanfaatkan organisme lain, bakteri yang demikian disebut...
A. Autotrof
B. Heterotrof
C. Aerob
D. Anaerob
E. Fakultatif
7. Perhatikan gambar cara reproduksi bakteri berikut ini !
Berdasarkan gambar reproduksi bakteri tersebut terjadi secara ....
A. Pembelahan biner
B. Konjugasi
C. Transduksi
D. Transformasi
E. Peleburan inti
8. Bakteri yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energinya, bakteri ini memiliki pigmen-pigmen fotosintetik, berdasarkan sifat hidupnya bakteri tersebut termasuk ke dalam kelompok...
A. Aerob
B. Anaerob
C. Aerob fakultatif
D. Fotoautotrof
E. kemoautotrof
9. Bakteri berikut yang berperan dalam bidang pertanian, dengan cara bersimbiosis dengan akar tumbuhan kacang-kacangan. Bakteri yang dimaksud adalah....
A. Rhizobium leguminosarum
B. Nitrosomonas
C. Lactobacillus bulgaricus
D. Candidatus liberibacter asiaticus
E. Bacterium papaya
10. Perhatikan produk makanan berikut ini !
Produk makanan tersebut dihasilkan dengan bantuan bakteri....
A. Lactobacillus bulgaricus
B. Acetobacter xylinum
C. Streptococcus cremoris
D. Acetobacter aceti
E. Lactobacillus bulgaricus
Kunci Jawaban Evaluasi
DAFTAR PUSTAKA
Anshori Moch. 2009. Biologi 1 Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA). Departemen Pendidikan Nasional. Puskurbub. Jakarta.
Faidah Rahmawati, Nurul Urifah, Ari Wijayati. 2009. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Program MIPA. Jakarta .CV.Ricardo.
Irningtyas, 2018, Biologi SMA kelas X, Jakarta: Erlangga.
https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/mengenal-struktur-bakteri-dari-kapsul sampai-plasmid-1668/ di akses tanggal 12 September 2020.
http://www.ebiologi.net/2016/07/bentuk-bentuk-bakteri-gambar-dan-contoh.html di akses tanggal 12 September 2020.
https://www.belajaripa.net/klasifikasi-eubacteria/ di akses tanggal 12 September 2020.
https://kumparan.com/quipper-indonesia/proses-reproduksi-pada-bakteri 1sX7E7hgxR7di akses tanggal 12 September 2020.
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi/reproduksi-bakteri-biologi-kelas-10 di akses tanggal 11 September 2020.
Nurhayati, Nunung dan Resti Wijayanti, 2017, Biologi SMA kelas X, Bandung: YRama Yudha.
Purnamawati Henny, Rumiyati, Nurhidayah Siti. 2019. Biologi Untuk SMA/MA, Yogyakarta: Intan Pariwara.