PERANGI KEBODOHAN DAN KEBOHONGAN

 

Perangi Kebodohan & Kebohongan


Generasi yang kuat terbentuk dari warga negara yang berkualitas, pribadi yang berkarakter cerdas, terpercaya, benar, dan gemar menyampaikan kebaikan, merupakan modal yang sebaiknya ada untuk menciptakan Indonesia damai, maju dan sejahtera. Kita sebaiknya bersatu padu membentuk generasi yang mampu memerangi kebodohan dan kebohongan untuk menghindari keterbatasan sehingga hanya menimbulkan kemarahan, dan kebencian tanpa alasan dan tanpa penyelesaian.

Pemberdayaan adalah proses pemberian dan atau optimasi daya (yang dimiliki dan atau dapat dimanfaatkan oleh masyarakat), baik daya dalam pengertian kemampuan dan keberanian ataupun daya dalam artian kekuasaan atau posisi tawar.  Terdapat 4 upaya pokok dalam setiap pemberdayaan yang disebut Empat Bina, upaya pokok tersebut meliputi:


1. Bina Manusia: Bina manusia merupakan upaya pertama dan yang paling utama harus diperhatikan dalam setiap upaya pemberdayaan, sebab manusia merupakan pelaku atau pengelola manajemen itu sendiri.

2. Bina Usaha: Bina usaha ini dasarnya berorientasi pada perbaikan kesejahteraan (ekonomi), sehingga bina usaha menjadi bagian penting untuk mendukung proses manusia.

3. Bina Lingkungan: Bina Lingkungan dalam hal ini tidak hanya berbicara mengenai lingkungan fisik semata, akan tetapi dalam praktik perlu disadari bahwa lingkungan sosial juga sangat berpengaruh.

4. Bina Kelembagaan: kelembagaan sosial atau organisasi sosial yang tersedia dan dapat berjalan efektif sehingga dapat mendukung terselenggaranya bina manusia, usaha dan lingkungan. Sebagai suatu hal yang disetujui dan memiliki sanksi, dapat disebutkan sebuah kelembagaan apabila memenuhi 4 komponen seperti, 1) Komponen person, 2) Komponen kepentingan, 3) komponen aturan, dan 4) Komponen Struktur.


Optimasi daya akan lebih maksimal bila setiap diri memahami dan mau melaksanakan konsep manajemen diri yakni: Mengembangkan potensi diri, Memperbaiki kekurangan, Memaksimalkan manfaat diri, dan Membangun harmoni dengan pihak lain.

Mari bersama perangi kebodohan dan kebohongan dimulai dari diri dengan 4M





Tawang

Sukaryanto Dg, Tawang, Sangat Menyukai pengamatan genetik dari mahluk hidup yang ternyata tak ada persamaan satu dengan yang lainnya meskipun sejenis bahkan kembar tidak memiliki kode DNA yang sama

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama