SEJARAH TAK PERLU BERDARAH

SEJARAH TAK PERLU BERDARAH

Menjadi guru adalah menempatkan pelayanan pendidikan yang merangsang potensi minat dan bakat siswa, memperkuat impian dan cita-cita mereka, melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk adaptasi teknologi, menstimulus dan memberikan trigger untuk manajemen diri dan kemampuan menyelesaikan masalah, membiasakan pembelajaran bekerja dalam kelompok agar tumbuh rasa empati bagi sesama, melaksanakan pembelajaran untuk peduli pada kelestarian lingkungan hidup serta kesadaran diri untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Guru adalah penuntun dan sebaiknya bekerja karena panggilan jiwa, guru pembentuk insan cendekia yang bahagia bila apa yang menjadi milik dapat dimiliki oleh orang lain yaitu ilmu, keterampilan, dan budi pekerti yang luhur. kemampuan melakukan introspeksi diri pada setiap keadaan guru harus selalu memberikan layanan pendidikan yang maju, selamat dan membahagiakan serta apa yang diberikan memungkinkan siswanya memiliki kemampuan untuk siap menghadapi tantangan zaman.
Prestasi bukan segalanya namun setiap menerima tugas, mengerjakan dan melaporkan kegiatan harus memiliki cara yang unik, cepat dan tepat. Kerja yang nikmat adalah pekerjaan yang dicintai sehingga dengan bekerja sesuai cara saya, saya tumbuh berkembang dalam bekerja sebagai guru dengan kepribadian, mandiri serta mengembangkan pergaulan untuk kemajuan bersama. Prestasi merupakan impian bagi setiap orang bukan karena mengharapkan jabatan dan penghargaan, namun sebagai tindakan mengukur standar kerja, untuk mencapainya diperlukan langkah yang teliti dan hati-hati pada awal, tantangan, tindakan, dan pelajaran, yang merupakan tahapan untuk mencapainya. Bagaimana seorang guru memiliki prestasi kerja yang baik, cukup mengimplementasikan 4 kompetensi guru dalam bekerja dan hidup bermasyarakat. Ini sederhana namun memerlukan pembiasaan.
Peningkatan prestasi siswa bagi saya adalah seni, sejak terangkat menjadi CPNS tahun 2006, saya telah berhasil membimbing siswa juara 2 di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kab.Bantaeng bidang studi Biologi dan pada tahun berikutnya yakni tahun 2008 berhasil membimbing siswa juara 1 OSN Biologi tingkat Kab. Bantaeng. Keberhasilan yang menjadi kebanggan saya setelah 2012 saya berhasil membimbing siswa juara OSN Biologi di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan selanjutnya membimbing siswa mengikuti OSN Biologi di tingkat Nasional. 


Selain OSN Biologi saya aktif pada pembimbingan di bidang seni dengan selalu berpartisipasi pada kegiatan FL2SN tingkat Kabupaten Bantaeng, selain itu juga aktif pada kegiatan siswa untuk debat pilkada yang diselenggarakan oleh KPU kabupaten
Bantaeng




Latar belakang sehingga saya bersemangat mengikuti lomba atau kompetisi di bidang seni dan akademik adalah keinginan menjadi contoh bagi siswa untuk bermental pejuang dan selalu mampu bangkit dari kegagalan, dan ini harus terlihat oleh siswa bahwa gurunya seorang yang berjuang, berangkat dari keyakinan dan pemahaman tersebut saya mengikuti:

Lomba seni dan mendapat juara 1 lomba menyanyi solo HUT PGRI Tahun 2010


Juara 1 Pengucapan Panca Prasetya Korpri Tahun 2011


Juara 1 Pengucapan Panca Prasetya Korpri Tahun 2012


Juara 1 Seleksi Guru Berprestasi tingkat Kab. Bantaeng Tahun 2013 


Seleksi Guru Berprestasi tingkat Provinsi SULSEL Tahun 2013


Juara 1 OSN Guru Mata Pelajaran Biologi tingkat Kabupaten Bantaeng Tahun 2016


Wisudawan S2 terbaik 3, Universitas Negeri Makassar Tahun 2016



Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Wilayah V Tahun 2018

Mendapat Penghargaan dari PGRI Tahun 2013 dan 2018

1. Penghargaan Sebagai Guru Berprestasi dan Berdedikasi Tinggi Dalam Rangka Hari Guru Nasional Tahun 2013 dan Hari Ulang Tahun PGRI Ke-68 Kabupaten Bantaeng 25 Nopember 2013



2. Penghargaan Sebagai Guru Berprestasi dan Berdedikasi Tinggi Dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2018 dan Hari Ulang Tahun Ke 73 PGRI Kabupaten Bantaeng 26 November 2018



Lolos Seleksi mengikuti Simposium Guru IPA Tingkat Nasional Tahun 2019


Mendapat undangan mengikuti The International Joint Conference On STEM Education 2020

DIKLAT DIDAMBA 2020

Saat Pandemi Covid 19 sebagai guru, saya harus menghadapi tantangan dengan mencari pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan PJJ yakni mengikuti Diklat Daring, Massive, dan Terbuka (DIDAMBA) Angkatan 2 Tahap 1 pada kelas Covid-19 dan Pembelajaran Jarak Jauh yang diselenggarakan pada tanggal 13 April s.d. 1 Mei 2020, agar layanan pendidikan dengan PJJ tetap dapat maksimal.

Pembatik Level 3 (Kreasi) 2020

Pendidik bersertifikasi Google Tahun 2021/2022

Google Master Trainer Level 1
Trainer Skills Assessment

Google Master Trainer Level 2

Mendapat Sertifikat Google Certified Trainer

SERTIFIKAT MENTOR

1. Mendapatkan sertifikat pada kegiatan Mentor Google Master Trainer Level 1 Batch 6: yang dilaksanakan pada 4 Juni 2022 s.d 31 Agustus 2022 dengan total jam pelajaran 40 dari Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan REFO indonesia.
2. Kegiatan Mentor Google Master Trainer Level 1 Batch 76 Agustus 2022 s.d 31 Oktober 2022, dengan total jam pelajaran 40 dari Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan REFO indonesia.

Lolos Seleksi mengikuti Gerak Karya Pendidik Sains (PENA) Tingkat Nasional Tahun 2021


Lolos Seleksi Pengajar Praktek Guru Penggerak Tahun 2022


LULUS PP


TELAH MELAKSANAKAN TUGAS PP

Mendapat Penghargaan dari Bupati Bantaeng Tahun 2022/2023





Lolos Seleksi Fasilitator Guru Penggerak Tahun 2023



Usaha untuk menjadi guru profesional yang berpihak pada siswa tidak henti-hentinya kami lakukan selama mengabdi sebagai guru, namun belumlah cukup untuk menjadi guru yang ideal, harapan dan usaha ini akan menjadi jejak sejarah tak perlu berdarah meski dalam bekerja banyak tantangan, hambatan dan gangguan yang merintangi tapi dengan kesadaran untuk kebaikan bersama, dengan mudahnya bangkit kembali berpijak pada refleksi diri tentang: siapa saya, dengan siapa saya, dan apa yang saya lakukan. Ada lebih baik dari tiada, pandangan tergelap ketika terang akan tiba, saat memulai tak ada konsep yang sempurna dan ala bisa karena biasa merupakan pepatah klasik yang selalu kami pegang teguh agar tetap semangat berusaha bekerja sebagai guru yang berpihak pada murid.
Semoga jerih upaya yang saya lakukan layak sebagai ibadah untuk mendapat Ridho Allah SWT. Serta tidak mungkin prestasi saya peroleh tanpa bantuan orang lain, terutama keluarga kecilku, siswaku, rekan guru, kepala sekolah dan pengawas bina, olehnya kepada semua pihak yang telah membantu, saya berterima kasih banyak serta selalu berharap dalam doa agar dukungan dan bantuannya mendapat limpahan pahala dari Allah SWT. Amin.

Tawang

Sukaryanto Dg, Tawang, Sangat Menyukai pengamatan genetik dari mahluk hidup yang ternyata tak ada persamaan satu dengan yang lainnya meskipun sejenis bahkan kembar tidak memiliki kode DNA yang sama

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama