KEGIATAN PEMBELAJARAN 1: Objek Kajian Biologi

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 kalian dapat menjelaskan objek permasalahan Biologi pada tingkatan organisasi makhluk hidup dengan pendekatan cabang-cabang ilmu Biologi serta manfaat biologi dengan sikap teliti, tanggung jawab, mandiri dan disiplin  serta bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 

B. Uraian Materi 

Perhatikan Gambar berikut ini ! 

Gambar 1. Virus Corona 

Sumber: National-Geografic Indonesia-Grid.ID 

  

Ada apa dengan gambar virus di atas sehingga dilakukan belajar di rumah?


Untuk memahaminya, kalian perlu menyimak uraian materi berikut ini! 

1. Tingkat Organisasi Kehidupan  

Pembelajaran kita kali ini diawali dengan membahas tentang tingkat organisasi  kehidupan yang diawali dari tingkatan molekul – sel – jaringan – organ dan tingkat organ – individu – populasi – komunitas – ekosistem – bioma dan biosfer. Makhluk  hidup memiliki karakteristik dasar, yaitu tersusun dari sel yang mengalami  pertumbuhan dan perkembangan, bernapas, merespons rangsang, bereproduksi,  dan beradaptasi terhadap lingkungan. 

a. Tingkatan Molekul 

Makhluk hidup membutuhkan molekul organik sebagai sumber energi untuk  menjalankan proses kehidupannya. Ada 4 kelompok utama molekul yang  dibutuhkan oleh makhluk hidup :  

1) Karbohidrat 

2) Lemak  

3) Protein  

4) Asam nukleat. 

b. Tingkatan Sel  

Sel merupakan bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sel  tersusun atas tiga bagian utama, yaitu membran sel, sitoplasma, dan inti sel.  Untuk lebih memahami penjelasan di atas, coba kalian perhatikan gambar  bagian-bagian sel seperti pada gambar di bawah ini. 

Gambar 2. Sel Hewan dan Tumbuhan  

Sumber : Kompasiana.com 

c. Tingkatan Jaringan 

Jaringan pada hewan/manusia terdiri atas beberapa macam, diantaranya :  jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan otot, jaringan ikat, jaringan rangka, dan  jaringan darah. 

Gambar 3. Jaringan pada manusia 

Sumber: Jaringan Tubuh. Blogger (Google image) 

Sedangkan pada tumbuhan terdiri atas beberapa macam, diantaranya : jaringan  epidermis, jaringan pengangkut, jaringan penguat, jaringan mesofil, jaringan  parenkim, dan jaringan meristem.

 Gambar 4 : Jaringan Tumbuhan 

Sumber : Cerita Cita.com (google.image) 

d. Tingkatan Organ dan Sistem Organ 

Adanya berbagai jaringan yang membentuk suatu organ, memungkinkan suatu  organ tersebut mempunyai kemampuan untuk melaksanakan fungsi hidup yang  beraneka ragam. Contoh organ adalah jantung yang berperan untuk memompa  darah, organ paru-paru untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida, organ  telinga untuk mendengar, dan organ mata untuk melihat. Organ-organ pada  tumbuhan, contohnya daun untuk pertukaran gas dan berlangsungnya  fotosintesis, bunga untuk perkembangbiakan, dan akar untuk menyerap air dan  garam-garam mineral. 

Gambar 5. Organ paru paru Manusia dan organ tumbuhan 

Sumber: Gudang makalah.blogger (google image) 

e. Tingkat Individu 

Individu dapat berupa organisme bersel tunggal (uniseluler), juga bersel banyak  (multiseluler). Contoh organisme bersel tunggal yaitu bakteri dan protozoa. Satu  sel bakteri dikatakan sebagai satu individu. Sementara itu, contoh organisme  bersel banyak adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Seekor kelinci, satu pohon  dan satu tanaman mawar dikatakan sebagai satu individu.

Gambar 6 : Organisme uniseluler Paramecium 

Sumber: Pelajaran Sekolah Umum.blogger (google image) 

f. Tingkatan Bioma 

Bioma adalah wilayah yang memiliki sifat geografis dan/atau iklim yang sama yang diklasifikasikan berdasarkan vegetasi dominan dan ditandai oleh adaptasi  organisme terhadap lingkungan suatu habitat tertentu. Terdapat 9 macam  bioma yaitu bioma hutan hujan tropis, bioma hutan bakau, bioma hutan lumut,  bioma savana, bioma padang rumput (stepa), bioma padang pasir (gurun),  bioma hutan gugur, bioma taiga, dan bioma tundra. Antara dua bioma  dipisahkan oleh ecotone berupa suatu garis pembatas atau garis pemisah yang  tidak begitu jelas tetapi dicirikan dengan adanya tumbuhan dan hewan yang  khas. 

Gambar 7. Ragam Bioma 

Sumber:Tutorialbhsinggris.co.id(google image) 

2. Cabang-cabang Biologi 

Ahli Biologi akan mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan dan perkembangan,  evolusi, distribusi, identifikasi, hingga taksonomi. Ilmu biologi mengalami banyak  kemajuan serta berkembang dengan pesat. Sehingga banyak cabang-cabang Biologi  baru yang bermunculan. 

Cabang-cabang Biologi akan dibagi berdasarkan objek kajiannya 

Agronomi : Ilmu tentang budidaya tanaman 

Akarplogi : Ilmu tentang hewan caplak 

Algologi : Ilmu tentang Alga 

Anatomi : ilmu tentang struktur tubuh bagian dalam dari makhluk hidup 

Andrologi : Ilmu tentang macam hormon 

Bakteriologi : Ilmu tentang bakteri 

Bioteknologi : Ilmu tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu  meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan kesejahteraan manusia 

Botani : Ilmu tentang tumbuhan 

Ekologi : Ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan  lingkungan 

Embriologi : Ilmu tentang perkembangan Biologi 

Entomologi : Ilmu tentang serangga 

Enzimologi : Ilmu tentang enzim 

Epidemiologi; Ilmu tentang penularan penyakit 

Evolusi : Ilmu tentang perubahan struktur tubuh makhluk hidup secara  perlahan-lahan dalam waktu yang lama 

Farmakologi : Ilmu tentang obat-obatan 

Fisiologi : Ilmu tentang ilmu faal 

Fisioterapi : Ilmu tentang pengobatan terhadap penderita yang mengalami  kelumpuhan atau gangguan otot 

Genetika : Ilmu tentang pewarisan sifat 

Helmintologi : Ilmu tentang seluk beluk cacing (Vermes) 

Herpetologi : Ilmu tentang seluk beluk Amphibi dan Reptilia 

Histologi : Ilmu tentang jaringan 

Imunologi : Ilmu tentang kekebalan tubuh 

Klimatologi : Ilmu tentang iklim 

Malakologi : Ilmu tentang Moluska 

Mikrobiologi : Ilmu tentang mikroorganisme 

Mikologi : Ilmu tentang jamur 

Morfologi : ilmu tentang bentuk dan ciri luar hewan 

Organologi : Ilmu tentang organ 

Onthogeni : Ilmu tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot  menjadi dewasa 

Ornitologi : ilmu tentang burung 

Palentologi : Ilmu tentang fosil 

Patologi` : Ilmu tentang penyakit dan pengaruhnya bagi manusia 

Phylogoni : Ilmu tentang perkembangan makhluk hidup 

Protozoologi : ilmu tentang protozoa 

Sanitasi : Ilmu tentang kesehatan lingkungan 

Sitologi : Ilmu tentang sel 

Taksonomi : Ilmu tentang penggolongan makhluk hidup 

Teratologi : Ilmu tentang cacat janin dalam kandungan 

Virologi : Ilmu tentang virus 

Zoologi : Ilmu tentang hewan


3. Manfaat Mempelajari Biologi 

Biologi berada di tengah-tengah kita atau sebaliknya. Seperti yang telah dijelaskan  sebelumnya Biologi sangat besar manfaatnya dalam meningkatkan kesejahteraan manusia. Biologi dapat diterapkan dalam berbagai bidang, seperti kedokteran, industri,  pertanian, peternakan dan lain-lain. Bidang-bidang ilmu yang memanfaatkan Biologi  antara lain sebagai berikut. 

a. Bidang Pertanian 

Dengan menerapkan ilmu botani, fisiologi, anatomi, dan genetika, petani dapat memilih dan menghasilkan jenis tumbuhan yang bersifat unggul. Melalui rekayasa genetika, produksi pangan dapat lebih meningkat. Misalnya buah tomat yang biasanya warna merah, hijau menjadi tomat warna ungu 

Gambar 8. Tomat Ungu hasil Rekayasa Genetika 

Sumber : Liputan6.com 

b. Bidang Peternakan 

Dengan menerapkan beberapa cabang Biologi seperti zoologi, fisiologi, anatomi,  embriologi, taksonomi, dan genetika, para peternak dapat menghasilkan bibit  unggul dengan cara kawin suntik (inseminasi) dan kawin silang (bastar). Contoh  hewan jenis unggul adalah ayam ras, ayam broiler, sapi perah, dan sebagainya. 

Gambar 9: Sapi penghasil susu lebih sehat 

Sumber : Techno.okezone 

c. Bidang Kedokteran 

Anatomi, fisiologi, mikrobiologi, dan patologi, merupakan cabang-cabang ilmu  Biologi yang membantu para dokter dalam mengusahakan penyembuhan suatu  penyakit. Cabang-cabang biologi tersebut dapat membantu dokter untuk melakukan  berbagai macam operasi, memperbaiki atau mengganti jaringan atau organ tubuh  yang rusak.

Gambar 10. Proses transpalasi Kulit 

Sumber : Media Indonesia 

d. Bidang Industri 

Berkembangnya cabang ilmu Biologi seperti zoologi, botani, mikrobiologi, biokimia,  taksonomi dan bioteknologi, manusia dapat memanfaatkan dan mengembangkan berbagai bagian tubuh tumbuhan dan hewan menjadi bahan baku industri. Gambar  berikut salah satu manfaat mikroorganisme dalam industri 

Gambar 11. Proses Pembuatan Yoghurt 

Sumber : Kabartani.com 

e. Bidang Perikanan 

Pemanfaatan biologi dalam bidang perikanan tambak antara lain dalam upaya budidaya ikan dan dalam usaha pelestarian ekosistem perairannya. Contohnya yakni  dalam pembuatan tambak-tambak, karamba jala apung (kajapung), maupun  rumpon, terumbu karang, hutan mangrove, dan hutan bakau

Gambar 12. Integrasi mangrove dan tambak udang 

Sumber: Regional kompas 

f. Bidang Kriminologi 

Molekul DNA dapat diisolasi dari sel, kemudian dideteksi sehingga memberikan  gambaran enzim restriksi yang khas pada setiap orang. Contoh pada kasus  perebutan anak di pengadilan dapat diselesaikan dengan adanya hasil tes DNA,  karena anak memiliki kesamaan enzim restriksi dengan orangtuanya. Saat ini DNA  banyak dimanfaatkan untuk tehnik forensic dalam mengungkap kejahatan. 

Gambar 13. Struktur DNA 

Sumber:Intisari online-Grid.ID 

C. Rangkuman 

1. Makhluk hidup memilki karakteristis dasar, yaitu tersusun dari sel, mengalami  pertumbuhan dan perkembangan, bernapas, melakukan metabolisme, merespons  rangsang, bereproduksi, dan beradaptasi terhadap lingkungan. 

2. Tingkatan organisasi kehidupan terdiri atas : tingkatan molekul, sel, jaringan, organ  dan sistem organ, individu dan bioma. 

3. Kemajuan ilmu biologi banyak memberikan sumbangan bagi kemajuan dan  kesejahteraan manusia dalam berbagai bidang yaitu: Bidang pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, industri dan kriminologi.

D. Penugasan Mandiri  

Setelah membaca uraian materi di atas, tentu kalian bisa menjawab pertanyaan dengan  baik. Agar lebih paham coba kerjakan tugas berikut ini! 


Virus Corona Covid 19 Menyerang Otak 

(Koresponden BBC bidang medis) 

2 Juli 2020 

Stroke, delirium, kecemasan, kebingungan, keletihan - daftarnya terus  bertambah. Jika Anda berpikir Covid-19 hanyalah penyakit pernapasan,  pikirkan lagi. 

Setiap minggu berlalu, semakin jelas bahwa virus corona dapat memicu  sejumlah besar masalah neurologis, yaitu penyakit yang ditimbulkan akibat  kelainan pada sistem saraf manusia. 

Beberapa orang yang memiliki penyakit relatif ringan menghubungi saya dan berbicara tentang dampak kognitif yang melekat akibat penyakit virus corona terutama masalah terkait dengan ingatan, kelelahan, dan sulit fokus. 

Sebuah studi yang dimuat jurnal Lancet Psychiatry menemukan komplikasi otak  pada 125 pasien virus corona yang sakit parah di rumah sakit di Inggris. Hampir  setengahnya menderita stroke karena pembekuan darah, sementara yang lain mengalami peradangan otak, psikosis, atau gejala mirip demensia. 

Salah satu penulis laporan, Prof Tom Solomon dari University of Liverpool,  mengatakan kepada saya, "Sudah jelas sekarang bahwa virus ini memang  menyebabkan masalah di otak, padahal awalnya kami mengira itu semua  tentang paru-paru. Sebagian disebabkan oleh kurangnya oksigen ke otak. 

Di Kanada, ilmuwan saraf Prof Adrian Owen telah meluncurkan studi online  global tentang bagaimana virus mempengaruhi kognisi. Owen mengatakan: "Kita sudah tahu bahwa para penyintas ICU rentan terhadap gangguan kognitif. Jadi, ketika jumlah pasien Covid-19 yang pulih terus meningkat, semakin jelas bahwa dipulangkan dari ICU bukanlah akhir bagi orang-orang ini. Ini hanya awal dari  pemulihan mereka".

 Sumber : https://www.bbc.com/indonesia/majalah-

Setelah membaca artikel di atas coba kalian menjawab pertanyaan berikut ini! 1. Jelaskan menurut pendapat kamu di tingkat organisasi makhluk hidup yang mana  yang diserang virus Covid 19 ? 

2. Uraikan cabang-cabang ilmu biologi apa saja yang harus dipelajari seorang dokter  untuk mengatasi penyakit tersebut? 

3. Bagaimana manfaat ilmu Biologi dalam mengatasi pandemi Virus Covid 19? 

E. Latihan Soal  

Pilihlah satu jawaban yang paling benar 

1. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu  mikroskop, misalnya…. 

A. Atom dan molekul 

B. Organel, sel dan jaringan 

C. Bioma dan biosfer 

D. Membran Sel saja 

E. Organ dan sistem organ 

2. Dalam usaha meningkatkan produksi pangan para peneliti telah berhasil  mengembangkan bibit unggul dengan cara hibridisasi. Cabang biologi yang  mendasarinya adalah… 

A. Sitologi 

B. Histologi 

C. Taksonomi 

D. Genetika 

E. Botani 


3. Kejadian berikut yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah…. 

A. Pembuatan tempe dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional 

B. Pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan benda bergerak 

C. Bangkai tikus yang membusuk setelah dibiarkan beberapa hari 

D. Kandungan mineral sulfur pada batuan sekitar gunung berapi 

E. Bintil akar pada tanaman polong-polongan 

4. Objek dan kajian biologi yang diperlukan untuk mengembangkan obat penyakit flu  burung (SARS) adalah…. 

A. Bakteri 

B. Virus 

C. Sanitasi 

D. Parasite 

E. Epidemiologi 


5. Di suatu tempat terdapat kumpulan kelompok belalang, kelompok semut dan  kelompok rumput. Kumpulan kelompok tersebut akan membentuk….  

A. Ekosistem 

B. Komunitas 

C. Bioma 

D. Biosfer 

E. Lingkungan

Kunci Jawaban dan Pembahasan 

No 

Kunci Jawaban 

Pembahasan

B  

organel sel, sel dan  jaringan

Mikroskop mempunyai benda untuk melihat benda-benda  kecil (mikroorganisme). Mikroskop cahaya dapat  memperbesar benda maksimal 1000X dan dapat melihat sel,  sebagian organel sel dan jaringan. Untuk melihat keseluruhan  organel sel diperlukan mikroskop elektron yang bisa  memperbesar maksimal hingga 2 juta kali.

D  

Genetika

Hibridisasi adalah perkawinan silang yang sejenis dengan harapan menghasilkan keturunan yang unggul. Persilangan  antar gen bertujuan menghasilkan bibit unggul

D  

Kandungan mineral  sulfur pada batuan  sekitar gunung berapi 

Kandungan mineral sulfur terdapat pada ilmu yang  mempelajari tentang batuan atau yang lebih dikenal dengan  geologi 

B  

Virus

Penyebab penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)  adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh  coronavirus

B  

Komunitas

Komunitas adalah kumpulan sejumlah populasi yang  menempati suatu wilayah tertentu



Pedoman Penskoran  

Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir  modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk  mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 2.  

Nilai = Nilai Perolehan / Nilai Maksimal x 100 % 

Konversi tingkat penguasaan:  

90 - 100% = baik sekali  

80 - 89% = baik  

70 - 79% = cukup  

< 70% = kurang  

Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan  Kegiatan Belajar 2. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi  Kegiatan Belajar 1, terutama bagian yang belum dikuasai.

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab dengan  memberi tanda (v) pada jawaban Ya atau Tidak!  

No 

Pertanyaan 

Jawaban

Ya 

Tidak

Apakah saya sudah dapat menjelaskan tingkatan  organisasi makhluk hidup dari tingkatan molekul sampai  bioma



Apakan saya sudah dapat memahami cabang-cabang  ilmu biologi



Apakah saya sudah dapat menjelaskan manfaat  mempelajari biologi




Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan pengulangan pembelajaran, terutama  pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat  melanjutkan ke pembelajaran berikutnya

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*