Awal, Tantangan, Aksi dan Pelajaran

Awal, Tantangan, Aksi dan Pelajaran

Bioteknologi Bernuansa Kewirausahaan & Facebook

1. Awal

Siswa saya semuanya memiliki akun facebook dan aktif memposting. 
Sebagai guru saya memiliki keinginan untuk menggabungkan materi biologi bioteknologi dengan kewirausahaan serta berharap agar peserta didik saya dapat aktif belajar, mampu berhitung ekonomi sehingga menyadari pengorbanan biaya orang tua mereka dengan memanfaatkan Facebook menjadi media belajar.

2. Tantangan

Siswa saya memanfaatkan Facebook hanya memposting status biasa sebagai kegiatan yang mencari perhatian, lebih menyukai game on line dan percakapan yang tidak bermanfaat.

3. Aksi

Saya mulai mencari cara agar android dan akun Facebook siswa dapat dijadikan media dalam belajar Bioteknologi yang bernuansa wirausaha dengan membuat grup facebook 내 학교는 내 우상이었다 SMAN 2 BANTAENG (sekolahku idolaku) sebagai media pengiriman laporan kegiatan siswa.

4. Pelajaran

Tak disangka: 

  1. Aktivitas siswa yang tinggi dalam belajar (85%)
  2. Hasil belajar siswa tuntas KKM 78%
  3. Respon siswa (90%) menyukai cara belajar yang diterapkan yakni pembelajaran biologi materi bioteknologi yang bernuansa kewirausahaan dengan memanfaatkan facebook sebagai media pelaporan kegiatan.
  4. Siswa tidak malu mengupload di facebook sedang mencium kaki orang tua mereka, sebagai tanda menyadari pengorbanan ekonomi orangtuanya.
  5. Saya menjadi lebih berempati kepada siswa saya yang hanya mengupload foto bersama kuburan orang tuanya.

Kegiatan Fermentasi Bahan untuk diolah
menjadi berbagai ragam produk makanan

Penjualan produk yang dihasilkan 

Laporan Kegiatan dan Laporan Keuangan Penjualan Produk


Siswa mau mengupload sedang mencium Kaki Kedua Orang Tuanya
setelah melakukan penjualan dan menghitung keuntungan kegiatan



Tawang

Sukaryanto Dg, Tawang, Sangat Menyukai pengamatan genetik dari mahluk hidup yang ternyata tak ada persamaan satu dengan yang lainnya meskipun sejenis bahkan kembar tidak memiliki kode DNA yang sama

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama