KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
ZAT MAKANAN
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Anda mampu:
1. Mengidentifikasi zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia
2. Menjelaskan kandungan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia
3. Menguraikan fungsi zat makanan bagi tubuh manusia,
4. Mendeskripsikan dampak kekurangan gizi bagi tubuh
B. Uraian Materi
Pada dasarnya, semua makhluk hidup harus memenuhi kebutuhan energinya dengan cara mengkonsumsi makanan. Makanan tersebut kemudian diuraikan dalam sistem pencernaan. Zat makanan dapat dikelompokkan menurut jumlah yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yaitu zat makanan makro dan zat makanan mikro. Zat makanan makro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar, antara lain berupa karbohidrat, protein, lemak, dan air. Zat makanan mikro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, antara lain berupa vitamin dan mineral.
Gambar 1.1 Menu Zat Makanan
https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe
Makanan yang kita makan harus dicerna atau dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Makanan mempunyai berbagai fungsi, antara lain:
1. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
2. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah rusak atau tua.
3. Pengaturan metabolisme tubuh.
4. Penjaga keseimbangan cairan tubuh.
5. Pertahanan tubuh terhadap penyakit.
6. Penghasil energi.
Zat-zat Makanan
1. Karbohidrat
Apakah Anda setiap hari makan nasi? Nasi meupakan salah satu makanan pokok yang banyak mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi paling utama.
Gambar 1.2 Zat Makanan yang Mengandung Karbohidrat
https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe
Karbohidrat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
a. Monosakarida merupakan karbohidrat yang memiliki susunan molekul paling sederhana, molekul gugus gula yang termasuk monosakarida yaitu glukosa, fruktosa dan galaktosa. Ketiga macam monosakarida tersebut banyak terdapat pada buah-buahan. Monosakarida adalah hasil akhir pemecahan dari karbohidrat yang lebih kompleks susunan molekulnya.
b. Disakarida terdiri atas dua molekul monosakarida, contoh disakarida adalah sukrosa, maltosa dan laktosa. Sukrosa banyak terdapat dalam gula pasir yang dikonsumsi, adapun maltosa terdapat di dalam biji-bijian. Laktosa adalah karbohidrat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari hewan misalnya air susu.
c. Polisakarida merupakan karbohidrat yang memiliki susunan molekul yang kompleks. Contoh polisakarida adalah pati, glikogen dan selulosa. Pati banyak terdapat di dalam umbi-umbian, glikogen banyak terdapat dalam otot dan hati hewan, sedangkan selulosa banyak terdapat di bagian serat tumbuhan.
2. Protein
a. Sumber energi
b. Sebagai zat pembangan dalam tubuh
c. Berperan dalam sintesis zat-zat penting tubuh seperti hormone dan enzim
d. Perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh
Gambar 1.2 Zat Makanan yang Mengandung Protein
https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe
sebelum diserap oleh tubuh, protein harus diubah dahulu menjadi asam amino. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis atau dibentuk oleh tubuh, jadi diperoleh melalui makanan. Sedangkan asam amino non esensial yaitu asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh.
Bahan makanan yang banyak mengandung protein dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang diperoleh dari hewan, seperti daging, telur dan ikan. Adapun protein nabati adalah protein yang diperoleh dari tumbuhan seperti kacang kacangan.
3. Lemak
Gambar 1.3 Zat Makanan yang Mengandung Lemak
https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe
Fungsi lemak bagi tubuh adalah:
a. Merupakan sumber energi
b. Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K
c. Sebagai pelindung organ-organ tubuh
d. Pembangun bagian sel
e. Sebagai makanan cadangan
Lemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Oleh karena itu lemak akan lebih lama tinggal di lambung .
4. Vitamin
Tabel 1. 1. Macam-Macam Vitamin
5. Mineral
a. Bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang, gigi, rambut, kuku, kulit dan sel darah merah.
b. Sebagai bahan pengatur, misalnya keseimbangan keasaman cairan tubuh, proses penggumpalan darah dan membantu proses metabolisme dalam tubuh.
Untuk lebih memahami tentang macam-macam mineral dan fungsinya, perhatikan table di bawah ini.
Tabel 1.2. Mineral dan Fungsinya
C. Rangkuman
1. Zat makanan merupakan bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup. Makanan mempunyai berbagai fungsi, antara lain:
a. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
b. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah rusak atau tua.
c. Pengaturan metabolisme tubuh.
d. Penjaga keseimbangan cairan tubuh.
e. Pertahanan tubuh terhadap penyakit.
f. Penghasil energi.
2. Zat makanan terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, air, mineral dan vitamin.
3. Karbohidrat Dibagi Menjadi Tiga Macam,yaitu: monosakarida, disakarida, dan polisakarida,
4. Protein harus diubah terlebih dahulu menjadi asam amino. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.
5. Lemak akan diurai menjadi satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Asam lemak dibedakan menjadi dua yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.
D. Penugasan Mandiri
a. Buatlah menu yang dapat mencakup seluruh zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh!
b. Jelaskan fungsi zat makanan yang terdapat pada menu makanan tersebut?
2. Eksperimen
Uji Vitamin C
a. Tujuan : untuk menguji kandungan vitamin C pada zat makanan
b. Alat dan bahan
Alat
- Mortal
- Pipet tetes
- Gelas kimia
- Plat uji makanan
- Batang pengaduk
- Pisau
Bahan
- Yodium atau betadin
- Aquades
- Bahan makanan yang akan diuji
c. Langjah kerja:
1) Larutkan ± 3 tetes yodium ke dalam 200 ml aquades.
2) Siapkan buah yang akan diuji, misalnya jeruk, pepaya, mangga, pisang, dan mentimun.
3) Lumatkan buah tersebut satu per satu dengan menggunakan mortal kemudian setelah halus masukan .pada plat uji makanan
4) Kemudian zat makanan yang terdapat pada plat uji makanan ditetesi dengan iodium
5) Amatilah perubahan yang terjadi.
6) Catatan: Sebagai acuan penelitian larutkan tablet vitamin C kemudian tetesi dengan larutan yodium.
7) Amati perubahan warna yang terjadi.
Catatan: Yodium dapat diganti dengan betadine
d. Tabel Pengamatan
e. Pertanyaan
1) Perubahan apakah yang terjadi pada larutan yodium tersebut?
2) Apakah perubahan akhir yang terjadi pada larutan-larutan tersebut?
3) Perubahan tersebut menunjukkan apa?
4) Cobalah lakukan percobaan tadi untuk buah-buahan lain yang ada di sekitar kalian dan catat hasilnya.
5) Buatlah laporan tertulis hasil eksperimen ini kemudian kumpulkan
E. Latihan Soal
Pilihlah satu jawaban yang paling benar
1. Perhatikan beberapa fungsi zat makanan berikut.
1) sumber energi
2) untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh
3) menjadi pelindung alat-alat tubuh
4) sebagai pembentuk enzim
5) menjaga suhu tubuh
Fungsi protein terdapat pada nomor . . . .
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 5)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)
E. 3) dan 5)
2. Keuntungan mengkonsumsi makanan berserat adalah....
A. tidak cepat lapar
B. menghasilkan banyak kalori
C. cocok untuk penderita ulkus
D. feses lebih keras
E. lewatnya makanan jadi cepat
3. Mineral yang berfungsi membantu pembekuan darah dan pembentukan matriks tulang adalah….
A. Besi
B. Kalsium
C. Magnesium
D. Fosfor
E. Yodium
4. Bahan makanan yang sejak dimulut telah dicernakan sacara kimia adalah ....
A. Protein
B. Vitamin
C. Karbohidrat
D. Lemak
E. Mineral
5. Makanan yang seimbang adalah makanan yang mengandung …..
A. Sodium klorida, susu, vitamin, karbohidrat, lemak, protein dan makanan kasar.
B. Vitamin, mineral, glukosa, lemak, air, dan makanan kasar.
C. Vitamin, mineral, karbohidrat, makanan tanpa lemak, protein, air
D. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat nabati dan air
E. Karbohidrat, lemak, protein, protein dan serat nabati
6. Zat makanan yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama adalah….
A. Protein
B. Karbohidrat
C. Lemak
D. Vitamin
E. Serat kasar
7. Tidak semua zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan akan mengalami pencernaan. Zat berikut apabila terdapat dalam bahan makanan tidak akan mengalami pencernaan adalah….
A. Amilum
B. Vitamin
C. Protein
D. Karbohidrat
E. Lemak
8. Hubungan yang benar antara nama, sumber, dan fungsi vitamin berikut adalah….
Kunci Jawaban dan Pembahasan Latihan Soal
Pedoman Penskoran
Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar 1.
Nilai =𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑃𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛/𝐽𝑢𝑚𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑀𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑢𝑚 x 100 %
Konversi tingkat penguasaan:
90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang
Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan dengan Kegiatan Belajar 2. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Belajar 1, terutama bagian yang belum dikuasai.
F. Penilaian Diri
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab!
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak".
Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.